PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UNGGULAN (Studi Pada SMPN 2 Kota Bandar Lampung)

Authors

  • Juju Saepudin Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta

Abstract

Banyak guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengeluhkan terkait waktu
pembelajaran yang hanya 2 jam perminggu, sementara standar kompetensi yang harus
dicapai menumbuhkembangkan potensi peserta didik sebagai makhluq Allah sekaligus
khalifah dibumi terasa begitu berat. Sebagai imbas dari kebijakan itu, mengundang inisiatif
guru PAI untuk mengembangkan kurikulum dengan menciptakan model pembelajaran
yang efektif dan efsien. Tulisan ini menyajikan pola pengembangan kurikulum PAI di
SMPN 2 Kota Bandar Lampung. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Hasil analisa data secara induktif dapat diketahui pola
pembelajaran PAI di SMPN 2 Bandar Lampung secara formal 2 jam per minggu
per rombongan belajar, namun dalam implementasinya dikembangkan menjadi tiga
model pembelajaran ; pembelajaran kontekstual, pembelajaran integral dan pembelajaran
progresif. Implikasi dari ketiga model tersebut mampu membentuk sosok peserta didik
yang memiliki karakter, watak dan kepribadian serta prestasi yang disertai prestise
dengan landasan keimanan dan ketakwaan serta nilai-nilai akhlak atau budi pekerti.
Kata Kunci : Pengembangan Kurikulum, PAI, Implikasi dan SMPN 2

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-01

How to Cite

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UNGGULAN (Studi Pada SMPN 2 Kota Bandar Lampung). (2014). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 29-47. https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/59