This is an outdated version published on 2025-04-10. Read the most recent version.

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo

Authors

  • Ayu Sindi Meisella UIN STS Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1.1055

Keywords:

strategi guru, Strategi Guru, Kesulitan Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini membahas Tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo, Untuk Mengetahui Faktor Apa Saja Yang Yang Mempengaruhi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang mengambil lokasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo diantaranya: Mengefektifkan waktu 1 jam pelajaran PAI utuk mengaji, memilah dan memilih siswa-siswi yang kesulitan membaca Al-Qur’an, Membuat form khusus mengaji kemudian faktor penyebab Siswa-Siswi Yang Kesulitan Membaca Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo diantaranya: Masalah pergaulan, Latar belakang siswa-siswi yang berbeda, Pengaruh teknologi, kurangnya tenaga pengajar Al-Qur’an.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin Zainal, 2014, Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1992, Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta: Rajawali.

Aryani, Evilia Lingga, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017”, Surakarta: Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Asmani, Jamal Ma’ruf, 2009, Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Jogjakarta: Diva Press.

Bahjaj An-Nazhirin Syarh Riyadh Ash-Shalihin. Cetakan Pertama, Tahun 1430 H. Syaikh Salim Bin ‘Ied Al-Hilali. Penerbit Dar Ibnu Jauzi. 2:205.

Chaer, Abdul, “Perkenalan Awal Dengan Al-Qur’an”, Jakarta: Rineka Cipta,2014.

Dalyono, 1997, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Tafsir, Ahmad, 1994, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dalyono,M, “Psikologi Pendidikan”, Jakarta: PT, Rineka Cipta, 1997.

Departemen Agama RI. 2013. Al-Wasim (Al-Qur’an dan Terjemahanya), Bekasi: Cipta Bagus Sagara.

Departemen Pendidikan Nasional , 2007, kamus Besar Bahasa Indonesia.

Direktorat Jenderal Kelembangaan Agama Islam, 1985, Metodelogi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: T.Pn

Eggen, Paul Dan Don Kauchak, “Strategi Dan Model Pembelajaran”, Jakarta Barat: PT. Indeks, 2012.

Inayati, Lutfhfiana Hanif, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di SMA Negeri 1 Pleret Bantul”, Yogyakarta: UIN, 2009.

Kementrian Agama RI, “Al-Qur’an Dan Terjemah”, Jakarta: Wali, 2012

Kusrini, Siti 1995, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang:IKIP Malang.

Lestari, Rohmi, “Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Active Learning Pada Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Akademik 2015/2016”, Skripsi, Surakarta: Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Madyan, Ahmad Shams, “Peta Pembelajaran Al-Qur’an” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Mahfuzh, Muhammad Jamaluddin Ali, “Psikologi Anak Dan Remaja Muslim, Shiddiq Dan Zaman”, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001.

Mahmud, “Pemikiran Pendidikan Islam”, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Majid Abdul, 2013, strategi pembelajaran, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Meleong J lexi, 2007, Metodologi Pembelajaran Al-Qur’an. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Milles B Mattew, dan Huberman Michael diterjemahkan oleh Tjep Rohendi

Mohammad Romadhan, 2010, Strategi Guru dalam Menangani Kesulitan Anak Belajar Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di Kelurahan Palangka Kota.

Alam, Tombak, 1995, Metode Membaca Al-Qur’an 5 Kali Pandai, Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Muffarokah, Anissatul, “Strategi Belajar Mengajar”, Yogyakarta: Teras,2009.

Paturrohmah, Dkk, “Strategi Belajar Mengajar”, Bandung: Refika Aditama,2007.

Rohidi, 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Sabri, Ahmad, 2005, Strategi Belajar Mengajar dalam Macro Teaching .Ciputat: Quantum Teaching.

Sarosa, Samiaji, “ Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar”, Jakarta: Indeks, 2012.

Skripsi tidak diterbitkan. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya.

Subagyo Joko, 2004, Metode Penelitian, Jakarta :RinekaCipta.

Subini, Nini,2011, Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, jogyakarta: penerbit Ombak.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta. 2016.

Surianyah Ahmad, 2014, Strategi Pembelajaran, Jakarta :Rajawali Pres.

Syamsuddin Sahiron, 2010, Studi Al-Qur’an metode dan konsep, Yogyakarta: Elsaq Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasanya. 2004. Bandung: Citra Umbara.

Usman, M. Uzer, 1994, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

UU Sikdiknas No. 20 Tahun 2003, “Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, Jakarta: Sinar Grafika, 2005.

Downloads

Published

2025-09-16 — Updated on 2025-04-10

Versions

How to Cite

Meisella, A. S. (2025). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muko-Muko Bathin VII Kabupaten Bungo. MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 3(1), 38–62. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v3i1.1055 (Original work published September 16, 2025)