Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di Era Society 5.0 (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungo)

Authors

  • Sriani Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i1.478

Keywords:

Implementation, Curriculum, Education, Islam

Abstract

Implementasi Pendidikan Agama Islam  dilakukan dengan tujuan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dan meraih kesuksesan dunia dan akhirat. Akhlak mulia adalah manifestasi dari keimanan yang diyakini setiap orang yakni siswa. Oleh karena itu keimanan dan ketaqwaan yang menyatu pada diri seseorang melalui perwujudan karakternya yang akan menghindarkan dari perbuatan-perbuatan yang bersifat buruk, merusak, dan membahayakan masyarakat serta merusak citra persatuan dan kesatuan masa depan bangsa di era Society 5.0  yang diiringi dengan kemajuan teknologi dan informasi. Metodologi penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif deskritif. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah bahwa Kurikulum PAI sangat penting diterapkan di sekolah umum dan merupakan pondasi dalam mengantarkan kepribadian siswa yang mulia, dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran PAI serta cara yang digunakan dan segenap kegiatan yang dilakukan oleh guru agama untuk membantu seorang atau sekelompok siswa dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam atau menumbuhkembangkan nilai-nilai Islam kedalam diri siswa. Maka dari itu perlu diimplementasikan kurikulum Pendidikan Agama Islam  di Sekolah umum agar karakter Islami peserta didik dapat terjamin dengan baik yakni yang berakhlak mulia, karena akhlak adalah manifestasi dari keimanan yang diyakini setiap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Yusuf. Ensiklopedi Tematik Ayat Al-qur’an dan Hadits Jilid 6.Jakarta. Widya Cahaya. 2014.

Abidin Ibnu Rusn. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998

Ali Abdul Halim Mahmud, Tarbiyah Khuluqiyah Pembinaan Diri Menurut Konsep Nabawi, Terj Afifudin. Solo: Media Insani.2003.

Arifin, Zaenal. Moralitas Al-Qur’an dan Tantangan Modernitas, Semarang: Gama Media.2002.

Dedy Mulyasana. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Rosdakarya. 2011.

Deden Makbuloh. Pendidikan Islam dan Sistem Penjamin Mutu .Jakarta:Rajagrafindo.2016.

Djam’an Satori. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA. 2013

Munif Chatib. Sekolahnya Manusia. Bandung:Kaifa Learning. 2016.

Mohammad Ali. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.2014.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persad.2005.

Norman K. Denzin. Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.2009.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia. 2013

Ridla, Muhammad Jawwad, 2002. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam Perspektif Sosiologis-Filosofis, Terj Mahmud Arif, Yogyakarta, Tiara Wacana Yogya Sudrajat, Ajat, 2011, Mengapa Pendidikan Karakter?, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, No. 1.

Suwito, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih, Yogyakarta, Belukar. 2004.

Ulwan, Abdullah Nasih, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj Sefullah Kamalie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2, Semarang, Asy-Syifa. T

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uhbiyati, Nur.. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia. 2005.

Hitachi-UTokyo Laboratory, Society 5.0: A People-Centric Super-Smart Societ,Singapore (lH-UTokyo Lab) 2020.

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Sriani. (2023). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di Era Society 5.0 (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bungo). MUTAADDIB : Islamic Education Journal, 1(1), 1–24. https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v1i1.478