Konsep Pendidikan Karakter Kitab Ta’limul Muta’allim dalam Mencapai Kesuksesan Intelektual
DOI:
https://doi.org/10.51311/mutaaddib.v2i1.644Keywords:
Pendidikan Karakter, Ta’limul Muta’allim, IntelektualAbstract
Pendidikan merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki setiap siswa, terlebih pendidikan karakter juga harus berakar pada jiwa siswa, banyak siswa yang kurang memahami karakternya dan melanggar akhlak. Realitas yang terjadi saat ini sangat menyedihkan. Degradasi moral generasi muda seakan merupakan rangkaian kalimat yang cocok untuk menggambarkan kondisi atau perilaku moral generasi milenial di era sekarang. Banyak anak muda Indonesia yang berperilaku tidak normal, seperti perkelahian antar teman, tidak menghormati orang tua, bahkan pembunuhan, pencurian, dan kejahatan seksual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat studi pustaka (Library research). Guna mendapatkan hasil penelitian yang valid maka diperlukan seleksi sumber, baik sumber data primer maupun sumber data sekunder. Sumber data primer penelitian ini kitab Ta’limul Muta’alim karya Imam Az-Zarnuji. Sedangkan sumber data sekunder adalah buku dan kitab yang berkaitan dengan pendidikan karakter yang relevan. Konsep Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Mutaâllim karya Imam Az-Zarnuji yaitu niat dalam mencari ilmu, memilih ilmu, guru dan teman, mengangungkan ilmu dan Ulama, kesungguhan, kontinuitas, dan semangat. Metode belajar, tawakkal, dan wara’ saat belajar. Hal ini sangat mempengaruhi setiap pelajar dalam mencapai kesuksesan intelektual.
Downloads
References
Abdushomad, Muhyiddin. Etika Bergaul. Jember: Khalista, 2006.
Al-Bukhari, Muhammad ibn Ismail. Al-Jami Al-Sahih. Kairo: Al-Matba’ah As-Salafiyah, n.d.
Al-Kharraz, Abu Sa’id. al-Ghun’yah Litholibi Lithoriqil Haq. 2 ed. Lebanon: Dar al-Fikr, n.d.
AL-Qurasyi. Al-Jawahirul Mudliah. 2 ed. Lebanon: Dar al-Fikr, n.d.
Alwi, Hasan, dan Dendy Sugono. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Arifin, Anwar. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Depag RI, 2003.
Asifudin, Ahmad Janan. Mengungkit Pilar-Pilar Pendidikan Islam: Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: UIN Suka Press, 2010.
Azzarnuji, Burhanuddin. Ta’limul Mutaallim. Kudus: Menara Kudus, 2007.
Bahri, Fathul. The Spirit of Akhlaq. Wonosobo: Yayasan Asy’ariyah, 2009.
Diputra, Komang Sujendra, dan I Gusti Ngurah Japa. “Analisis Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Pendidikan Karakter.” International Journal of Elementary Education 2, no. 2 (2018): 138–43. doi:10.23887/ijee.v2i2.14416.
Ghazali, Imam. Ihya’ Ulumiddin. 3 ed. Surabaya: Salim Nabhan, n.d.
Huda, Miftachul, Jibrail Bin Yusuf, Kamarul Azmi Jasmi, dan Gamal Nasir Zakaria. “Al-Zarnūjī’s Concept of Knowledge (‘Ilm).” SAGE Open 6, no. 3 (2016). doi:10.1177/2158244016666885.
Lidinillah, Mustofa Anshori, Syarif Hidayatullah, dan Amin Ma’ruf. Pendidikan Agama Islam. Modul Mata …. Yogyakarta: Badan Penerbitan Filsafat UGM, 2006.
Mawardi, Imam. Kajian Kitab Ta’lim Muta’allim (2011).
Muin, Fathul. Pendidikan Karakter Kontruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2020.
Neuman, W. Lawrence. Social Research Methods. Edinburg: Pearson, 2014.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Sani, Ridwan Abdullah, dan Muhammad Kadiri. Pendidikan Karakter; Mengembangakn Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Wiyani, Novian Ardy. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Managaement. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.
Zulfarno, Mursal, dan Riki Saputra. “Aktualisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Al- Islam dan Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Kota Padang.” Ruhana: Islamic Education Journal 1, no. 2 (2019): 117–31. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/ruhama/article/view/1698/1441.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MUTAADDIB : Islamic Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.