https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/issue/feedMUTAADDIB : Islamic Education Journal 2025-05-22T04:13:17+00:00Bailibayli830@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>MUTAADDIB </strong><em>: </em> Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. it's dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, April and Oktober in online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.</p>https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/860Penerapan Manajemen Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Jambi 2025-05-15T05:15:38+00:00Mawaddahmawaddah@iaiyasnibungo.ac.id<p>Dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu memerlukan rencana-rencana strategi. SMPN 7 Kota Jambi merupakan sekolah yang menerapkan strategi dalam meningkatkan mutu lulusannya. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan manajemen strategik kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi nonpartisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan waktu. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengamatan lingkungan (Analisis SWOT) meliputi pengamatan lingkungan sekolah mengenai kekuatan,kelemahan,ancaman, dan peluang. (2) Perencanaan strategi pada SMPN 7 Kota Jambi (a) melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal sekolah, (b) berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah untuk merumuskan program/kegiatan sekolah, (c) menentukan strategi melalui pengembangan program/kegiatan sekolah, pada SMPN 7 Kota Jambi perencanaan strategi dikiuti dengan merumuskan kebijakan mutu. (3) Pengorganisasian strategi yaitu adanya pembagian tugas guru dan staf yang jelas. (4) Implementasi strategi yaitu (a) mengembangkan program unggulan sekolah yang dimulai dari tahap PPDB, (b) pengembangan guru.(c) Pelaksanaan K-13 (5) Evaluasi strategi yang dilakukan adalah (a) supervisi, (b) pelaksanaan rutin pada proses pembelajaran, (c) melalui laporan kegiatan dan rapat evaluasi sekolah.</p>2025-04-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/861Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Agama Islam Pada Anak Tunagrahita ( Sudi Pada Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo)2025-05-16T05:42:39+00:00Rana Rahmawatiranadp7095@gmail.comSiti Khamimsitikhamim1985@gmail.comYahya Saputrayahyasaputra@iaiyasnibungo.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai agama Islam pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo. (2) Menyebutkan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai agama Islam Pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo. (3) Menyebutkan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai Agama Islam Pada anak tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri Muara Bungo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu berupa paparan data secara tertulis mengenai data- data terkait, dengan beberapa langkah yaitu: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam sudah memahami namun belum maksimal, guru mengalami kesulitan dalam memberikan pelayanan. (2) Kendala Guru Pendidikan Agama Islam kurang memahami karakter anak tunagrahita yang erat kaitannya dengan tingkat pelayanan, kurangnya kerja sama dengan wali murid, kurangnya kerja sama antar guru di sekolah, serta kurangnya sarana dan prasarana. (3) Upaya guru Pendidikan Agama Islam meningkatkan pemahaman guru terhadap karakter anak tunagrahita dalam tingkat pelayanan melalui pelatihan yang lebih baik, msembangun kolaborasi yang lebih kuat antar guru, meningkatkan sarana dan prasarana khususnya buku dan air bersih.</p>2025-04-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/867Penerapan CIRC (Cooperatif Integrated Reading Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Siswa Kelas IV Sekolah Dasar2025-05-22T04:13:17+00:00Fitria Rahmadinirahmadinifitria1@gmail.comChandrachandra@fip.unp.ac.idInggria Kharismainggriakharisma@gmail.com<p>Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas empat di sekolah dasar. Kemampuan membaca secara literal adalah keterampilan krusial dalam memahami informasi yang terdapat dalam berbagai teks. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas empat di sebuah sekolah dasar negeri, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes membaca, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Dengan adanya peningkatan rata-rata skor tes dari tahap sebelum tindakan hingga akhir siklus, model CIRC terbukti menjadi salah satu metode yang efektif untuk pengajaran membaca di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini memanfaatkan model McTaggart, yang terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.</p>2025-04-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal