https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/issue/feedMUTAADDIB : Islamic Education Journal 2024-10-15T05:00:50+00:00Bailibayli830@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>MUTAADDIB </strong><em>: </em> Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. it's dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, April and Oktober in online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.</p>https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/636Motivasi dalam Organisasi ;Pengertian Motivasi dan Proses Motivasi; Teori-Teori Motivasi; Penerapan Motivasi dalam Organisasi; Motivasi dan Kinerja 2024-10-12T07:18:15+00:00Muhammad Adi Yusuf adiebinahmad@gmail.comSuhadasuhada73@yahoo.com<p>Tindakan seseorang dipengaruhi oleh dorongan internal untuk mencapai sasaran tertentu. Dorongan ini disebut motivasi, yang berfungsi sebagai penggerak seseorang dalam melakukan aktivitas demi meraih tujuannya. Dalam konteks perilaku organisasi, pemahaman tentang motivasi memegang peranan krusial. Studi ini mencakup definisi motivasi, teori-teori pendukung, implementasinya dalam organisasi, serta hubungannya dengan kinerja. Penelitian ini menerapkan metode tinjauan pustaka, menganalisis berbagai studi yang telah ada. Peneliti menyajikan eksplorasi mendalam tentang aspek motivasi dalam lingkungan organisasi, menggali berbagai sudut pandang dan temuan dari literatur yang relevan. Dengan pendekatan ini, studi bertujuan memberikan pemahaman komprehensif tentang peran motivasi dalam membentuk perilaku individu di dalam organisasi, serta dampaknya terhadap dinamika dan efektivitas organisasi secara keseluruhan.</p>2024-10-12T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 MUTAADDIB: Islamic Education Journal https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/640Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an Pada TPA Asri Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo 2024-10-12T16:01:10+00:00ZulpaerahZulfaerahlld898@gmail.comSiti Khamimsitikhamim1985@gmail.comMawaddahmawaddah@iaiyasnibungo.ac.id<p>Penelitian ini menjelaskan tentang Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an Pada TPA Asri Bungo Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, artinya yaitu penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data berasal observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini langsung dari sumber datanya yaitu Majelis Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan santri yang belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini yaitu dokumen dan arsip Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Asri Bungo Desa Tanah Periuk Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo. Teknik analisis yang di gunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan tentang Upaya Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Memberantas Buta Aksara Al-Qur’an dengan cara yang pertama Mengadakan pelatihan, Kedua Bekerja sama dengan kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Ketiga Menambahkan waktu atau jam pelajaran.</p>2024-10-12T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 MUTAADDIB : Islamic Education Journal https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/643Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas X (Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Al-Fattah Bungo)2024-10-15T05:00:50+00:00ErwindiYulisaputra566@gmai.comNovirianinoviriani@iaiyasnibungo.ac.idSungkowosungkowo@iaiyasnibungo.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata Pelajaran fikih materi pengurusan jenazah dikelas X MA Al-Fattah Sungai Binjai Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Experiment dengan desain Pre experiment (non-desain). dan bentuk dari desainnya adalah pretest postest one grup design. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh populasi dari siswa kelas X di MA Al-Fattah Sungai Binjai dengan jumlah subyek penelitian 15 responden, penelitian ini hanya menggunakan satu kelas saja tanpa adanya kelas perbandingan. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika analitik. Dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (Model <em>Project Based Learning</em>) dan variabel Y (Hasil Belajar Siswa). Kemudian data peneliti dari dua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan peneliti. Peneliti melakukan Pretest dan Postest untuk memperoleh data variabel X dan Variabel Y. Dari Hasil analisis statistik dengan paried sample t-test dengan mengunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai t tabel sebesar 1,753. Dengan frekuensi (dk) sebesar 15-1=14 pada taraf signifikan 0,05% diperoleh -4.381. oleh karena itu -t hitung < - t tabel pada taraf signifikan 0,05 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menerapkan model <em>project-based learning</em> terhadap hasil belajar siswa.</p>2024-10-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 MUTAADDIB : Islamic Education Journal