MUTAADDIB : Islamic Education Journal https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib <p><strong>MUTAADDIB </strong><em>: </em> Islamic Education Journal is published by Islamic Education Study Program with Center for Research, Publications and Community Service Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. it's dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education. The languages used in this journal are Indonesia, English and Arabic. This journal is published twice a year, April and Oktober in online version. The editors receive scientific articles of academics, lecturers, and researchers who have never been published by other Journals.</p> en-US baili@iaiyasnibungo.ac.id (Baili) mawaddah@iaiyasnibungo.ac.id (Mawaddah) Thu, 02 Oct 2025 09:46:26 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/1078 <p>Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh keduanya, yaitu kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, yang terdiri atas 12 madrasah. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru MTs Swasta se-Kecamatan Bojong Gede yaitu berjumlah 60 orang (sampling jenuh). Penelitian kuantitatif ini adalah eksperimen (pengujian) kuantitatif yang bertujuan untuk mengembangkan dan menggunakan model matematis, teori-teori, dan hipotesis yang berkaitan dengan fenomena yang terjadi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan melalui uji validitas, uji reliabilitas dan normalitas. Hipotesis dalam penelitian ini diolah dengan uji koefisien determinasi, regresi linier berganda, dan uji T. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar siswa MTs Se-Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor sebesar 74,4%, sedangkan sisanya 25,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.</p> <p><strong>Kata kunci</strong><strong>:</strong> kompetensi pedagogik, motivasi kerja, guru, prestasi belajar</p> Muhammad Adi Yusuf, Muhammad Alwi Yusuf , Sabilil Muttaqin Copyright (c) 2025 MUTAADDIB : Islamic Education Journal https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/Mutaaddib/article/view/1078 Sat, 04 Oct 2025 00:00:00 +0000