Penguatan Keterlibatan Orang Tua dalam Proses Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Desa Sungai Telang Untuk Meningkatkan Kecerdasan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51311/tadhamun.v1i1.548Keywords:
Keterlibatan Orang tua, Madarasah Ibtidaiyah, Aset Based Community Development (ABCD)Abstract
Pada dasarnya pendidikan madrasah ibidaiyah adalah untuk mengjadikan anak cerdas dalam segi keagaman, karena tiang dari suksesnya seseorang sudah ditanamkan ilmu keagamaan sejak usian dini, namun kenyataan di lapangan bahwa orang tua tidak peduli dengan pendidikan anak dengan dibuktikan kurangnya guru madrasah ibtidaiyah, anak-anak yang bersekolah tidak aktif, sering tidak sekolah, orang tua tidak mau membayar iyuran sekolah anak sehingga guru tidak pernah digaji dan yang lainnya. Dengan demikian penguatan keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik dan berkelanjutan untuk meningkatkan kecerdasan dan kualitas hidup siswa di Desa Sungai Telang. Menguatan keterlibatan orang tua terhadap proses belajar anak menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD) dimana kami mencoba munumbuhkan kesadaran oang tua bahwa keterlibatan mereka sangatlah penting dalam proses pendidikan. Selama proses pendampingan yang tim pengabdian lakukan, terjadinya pemahaman orang tua yang meningkat tentang betapa pentingnya keterlibatan mereka dalam proses pendidikan yang di buktikan dengan setiap anak-anak sekolah sudah ada beberapa orang tua yang ikut mengantar dan mengawasi kegiatan sekolah serta iyuran yg sudah di sepakati berjalan sebagaimana mestinya.
References
A.H. Hasanuddin, Cakrawala Kuliah Agama, Al-Ikhlas, Surabaya, 1984.
Afandi Agus, Modul Asset Based Community Development (ABCD), Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, UIN Sudan Ampel Surabaya, 2016
Agus Afandi, https://lp2m.uin-malang.ac.id/wp-content/ uploads/ 2019/07/ Abcd_proses.pdf
Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, (Surabaya : Apollo, 2006),
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta 1990,
H.M Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Bulan Bintang, Jakarta, 1987.
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2011,
M. Asrori Ardiansyah, “Artikel Pendidikan: Pengertian Madrasah Unggulan”, dalam http://www.majalahpendidikan.com
M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, PT Remaja Rosdakarya, 2009 Bandung,
Uswah Wardiana, Psikologi Umum, (Jakarta: Pt. Bina Ilmu, 2004),
Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, Cet. X, 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tadhamun: Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.