Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuruljannah

  • Ani Pajrini Institut Agama Islam Yasni Bungo
Keywords: Model Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Model discovery learning adalah model pembelajaran yangmengembangkan cara belajar aktif dengan menekankan pada pengalaman langsung sehingga siswa dapat terlibat secara aktif untuk menemukansendiri suatu konsep ataupun prinsip yang belum diketahuinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDIT Nurul Jannah Desa Kuninmg Gading.Hasil pengamatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dari pra siklus sampai siklus II yaitu,  prasiklus (28%), siklus I (36%) %), siklus II (78%)

References

A. Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,Penelitian Gabungan,Jakarta:Kencana,2014, cet. 1.
Abanri setiawan,”Peningkatan Hasil Belajar Siswa”dalam menerapkan Model pembelajaran, vol.V, no 4.
Abdullah, Kamus Lengkap Bahsa Indonesia Terbaru : Dilengkapi Pedoman Umum dan Ejaan yang disempurnakan (EYD), Jakarta:Sandoro Jaya , 2016, cet. 2.
Afria Susana, Pembelajaran Discovery Learning Mengunakan Multimedia Inte,aktif.Bandung:Tata Akbar,2019,cet 1.
Afria Susana, Pembelajaran Discovery Learning Mengunakan Multimedia Interaktif, Bandung:Tata Akbar,2019,cet.1.
Agus Bayu Purnama Dan Dewa Bagus, Merancang Penilaian Autentik,Bali: CV Media Education, 2019.
Amosneolaka dan Amialia A. Neolaka, Landasan Pendidikan : Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup, Depok: Kencana, 2017.
Budiman Chandra, Pengantar Statistic Kesehatan Jakarta: Kedokteran EGC, 1995.
Chairul Anwar “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Di Kelas VI MIN Darul Maraf” (Skripsi, FTIK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015)
Departemen Agama Republik Indonesia,AL- Qura’an Terjemahan Semarang : CV AL- Waah , 2009
Published
2021-01-22
Section
Articles
Abstract Viewed = 11 times | PDF Downloaded = 10 times