PENGUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENANGKAL BAHAYA RADIKALISME
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v5i1.101Abstract
Penelitian ini berawal dari maraknya kasus radikalisme, yang dilakukan oleh sekelompok orang yang di dalamnya terdapat generasi muda. Perlu ada berbagai upaya untuk mengantisipasi berkembangnya faham radikalisme. Pendidik mempunyai peranan penting untuk membina dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di lingkungan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam upaya menangkal bahaya radikalisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi dan FGD (forum group discusion). Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini dilakukan di MGMP PAI SMK Kota Surakarta. Subyek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam yang tergabung dalam MGMP PAI SMK Kota Surakarta. Hasil penelitian menemukan bahwa para guru PAI memberikan penguatan nilai-nilai pendidikan karakter pada murid dalam proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di lingkungan lembaga dalam upaya menangkal faham radikalisme. Nilai-nilai kebangsaan dan keagamaan seperti: nilai nasionalisme, nilai pancasila, nilai multikulturalisme, nilai toleransi, nilai budaya, nilai rahmatan lil-‘alamiin dan nilai jihad itu sendiri, menjadi materi yang dipahamkan, ditanamkan dan diinternalisasikan pada peserta didik.
Â
Kata Kunci: Nilai-nilai, Pendidikan, Karakter, Radikalisme
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.