Paradoks Nilai Religius: Analisis Kritis Terhadap Efektifitas Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Fenomena Bullying di Institusi Pendidikan Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1065Keywords:
Paradoks Religius, Pendidikan Islam, Bullying, Pendidikan Karakter, Nilai MoralAbstract
Penelitian ini mengkaji paradoks antara nilai-nilai religius yang diajarkan dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan realitas fenomena bullying di institusi pendidikan Provinsi Jambi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian ini menganalisis efektivitas pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di kalangan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 45 informan meliputi guru, siswa, dan stakeholder pendidikan, serta observasi di 15 institusi pendidikan se-Provinsi Jambi. Temuan penelitian mengungkapkan paradoks signifikan: meskipun pendidikan agama dilaksanakan secara intensif, insiden bullying tetap terjadi dengan frekuensi tinggi. Paradoks ini muncul karena beberapa faktor: (1) kesenjangan antara pengajaran normatif dan implementasi praktis, (2) inkonsistensi pendekatan pembentukan karakter, (3) integrasi nilai-nilai religius dengan perilaku sosial yang belum optimal, dan (4) sistem pengawasan implementasi pendidikan agama yang lemah. Penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan agama Islam memerlukan reformasi fundamental dalam metodologi, pendekatan, dan sistem evaluasi untuk dapat secara efektif mengatasi fenomena bullying dan mewujudkan nilai-nilai religius yang autentik dalam perilaku keseharian siswa.
Downloads
References
Abdurrahman, M. (2023). "Fenomena Bullying dalam Institusi Pendidikan Islam: Analisis Kritis terhadap Efektivitas Pendidikan Karakter." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia
Ahmad, F. (2024). "Religious Bullying: Fenomena Tersembunyi dalam Institusi Pendidikan Islam." Islamic Social Research Journal
Al-Faruqi, I. R. (2022). "Nilai-nilai Universal Islam dalam Pembentukan Karakter Anti-Kekerasan." Islamic Educational Review
Bahri, S., & Rahman, A. (2024). "Survei Nasional Fenomena Bullying di Institusi Pendidikan Indonesia: Fokus Provinsi Jambi." Indonesian Journal of Educational Research
Chaniago, R. (2023). "Karakteristik Sosial-Budaya Melayu Jambi dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter." Jurnal Antropologi Pendidikan
Cohen, J., McCabe, L., Michelli, N. M., & Pickeral, T. (2023). "School Climate: Research, Policy, Practice, and Teacher Education." Teachers College Record
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Departemen Agama RI, (2022) Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam
Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. (2024). Laporan Tahunan Kasus Bullying di Institusi Pendidikan Provinsi Jambi 2020-2023. Jambi: Disdik Provinsi Jambi.
Festinger, L. (2023). "Cognitive Dissonance Theory in Religious Education Context." Educational Psychology International
Freire, P. (2022). Pedagogy of the Oppressed: 50th Anniversary Edition. Bloomsbury Academic.
Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2024). "Family-School Partnership in Character Education: Bridging Values Between Home and School." Journal of Moral Education
Hidayat, R., & Sari, D. P. (2024). "Multikulturalisme dan Tantangan Pendidikan Agama di Provinsi Jambi." Jurnal Studi Multikultural
Kementerian Agama RI, (2022) "Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam," Direktorat Pendidikan Agama Islam
Kvale, S., & Brinkmann, S. (2022). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing (4th ed.). SAGE Publications.
Muhammad Nasir, (2019) "Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAI: Sebuah Pendekatan Multikultural," Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1
Paulo Reglus Neves Freire (1921-1997), pendidik dan filsuf pendidikan Brasil. Lihat Paulo Freire, Pedagogy of the Oppressed, terj. Myra Bergman Ramos, New York: Continuum
Seligman, M. E. P., & Adler, A. (2024). "Positive Psychology in Religious Education: Building Character Strengths through Faith-Based Learning." Applied Psychology of Religion
Soekanto, S. (2024). "Sosiologi Pendidikan: Analisis Struktur Sosial dalam Institusi Pendidikan Indonesia." Jurnal Sosiologi Pendidikan
Sulaiman, (2017) "Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang Efektif," Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4, No. 2
Tilaar, H. A. R. (2023). "Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Kritik terhadap Pendekatan Normatif-Doktrinal." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Wachtel, T., & McCold, P. (2023). "Restorative Justice in Schools: Building Community and Repairing Harm." International Journal of Restorative Justice
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.





