Paradoks Nilai Religius: Analisis Kritis Terhadap Efektifitas Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Fenomena Bullying di Institusi Pendidikan Provinsi Jambi

Authors

  • Hasnatun Nadia Universitas Islam Sarolangun
  • Mawardi Mawardi Universitas Islam Sarolangun
  • Elza Eka Putri Universitas Islam Sarolangun
  • Husni Hidayat Universitas Islam Sarolangun

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1065

Keywords:

Paradoks Religius, Pendidikan Islam, Bullying, Pendidikan Karakter, Nilai Moral

Abstract

Penelitian ini mengkaji paradoks antara nilai-nilai religius yang diajarkan dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan realitas fenomena bullying di institusi pendidikan Provinsi Jambi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian ini menganalisis efektivitas pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di kalangan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 45 informan meliputi guru, siswa, dan stakeholder pendidikan, serta observasi di 15 institusi pendidikan se-Provinsi Jambi. Temuan penelitian mengungkapkan paradoks signifikan: meskipun pendidikan agama dilaksanakan secara intensif, insiden bullying tetap terjadi dengan frekuensi tinggi. Paradoks ini muncul karena beberapa faktor: (1) kesenjangan antara pengajaran normatif dan implementasi praktis, (2) inkonsistensi pendekatan pembentukan karakter, (3) integrasi nilai-nilai religius dengan perilaku sosial yang belum optimal, dan (4) sistem pengawasan implementasi pendidikan agama yang lemah. Penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan agama Islam memerlukan reformasi fundamental dalam metodologi, pendekatan, dan sistem evaluasi untuk dapat secara efektif mengatasi fenomena bullying dan mewujudkan nilai-nilai religius yang autentik dalam perilaku keseharian siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2023). "Fenomena Bullying dalam Institusi Pendidikan Islam: Analisis Kritis terhadap Efektivitas Pendidikan Karakter." Jurnal Pendidikan Islam Indonesia

Ahmad, F. (2024). "Religious Bullying: Fenomena Tersembunyi dalam Institusi Pendidikan Islam." Islamic Social Research Journal

Al-Faruqi, I. R. (2022). "Nilai-nilai Universal Islam dalam Pembentukan Karakter Anti-Kekerasan." Islamic Educational Review

Bahri, S., & Rahman, A. (2024). "Survei Nasional Fenomena Bullying di Institusi Pendidikan Indonesia: Fokus Provinsi Jambi." Indonesian Journal of Educational Research

Chaniago, R. (2023). "Karakteristik Sosial-Budaya Melayu Jambi dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter." Jurnal Antropologi Pendidikan

Cohen, J., McCabe, L., Michelli, N. M., & Pickeral, T. (2023). "School Climate: Research, Policy, Practice, and Teacher Education." Teachers College Record

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2023). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Departemen Agama RI, (2022) Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. (2024). Laporan Tahunan Kasus Bullying di Institusi Pendidikan Provinsi Jambi 2020-2023. Jambi: Disdik Provinsi Jambi.

Festinger, L. (2023). "Cognitive Dissonance Theory in Religious Education Context." Educational Psychology International

Freire, P. (2022). Pedagogy of the Oppressed: 50th Anniversary Edition. Bloomsbury Academic.

Henderson, A. T., & Mapp, K. L. (2024). "Family-School Partnership in Character Education: Bridging Values Between Home and School." Journal of Moral Education

Hidayat, R., & Sari, D. P. (2024). "Multikulturalisme dan Tantangan Pendidikan Agama di Provinsi Jambi." Jurnal Studi Multikultural

Kementerian Agama RI, (2022) "Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam," Direktorat Pendidikan Agama Islam

Kvale, S., & Brinkmann, S. (2022). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing (4th ed.). SAGE Publications.

Muhammad Nasir, (2019) "Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAI: Sebuah Pendekatan Multikultural," Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1

Paulo Reglus Neves Freire (1921-1997), pendidik dan filsuf pendidikan Brasil. Lihat Paulo Freire, Pedagogy of the Oppressed, terj. Myra Bergman Ramos, New York: Continuum

Seligman, M. E. P., & Adler, A. (2024). "Positive Psychology in Religious Education: Building Character Strengths through Faith-Based Learning." Applied Psychology of Religion

Soekanto, S. (2024). "Sosiologi Pendidikan: Analisis Struktur Sosial dalam Institusi Pendidikan Indonesia." Jurnal Sosiologi Pendidikan

Sulaiman, (2017) "Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang Efektif," Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4, No. 2

Tilaar, H. A. R. (2023). "Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Kritik terhadap Pendekatan Normatif-Doktrinal." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Wachtel, T., & McCold, P. (2023). "Restorative Justice in Schools: Building Community and Repairing Harm." International Journal of Restorative Justice

Downloads

Published

2025-10-22

How to Cite

Nadia, H., Mawardi, M., Putri, E. E., & Hidayat, H. (2025). Paradoks Nilai Religius: Analisis Kritis Terhadap Efektifitas Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Fenomena Bullying di Institusi Pendidikan Provinsi Jambi. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(2), 45–62. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1065