IMPLEMENTASI KURIKULUM KKNI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.110Abstract
Era pembangunan berkelanjutan menyebabkan banyak perubahan tidak terkecuali sektor pendidikan. Salah satu tujuan dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu pendidikan berkualitas. Pendidikan yang berkualitas yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang dan pendidikan yang harus dapat mengantisipasi perkembangan pasar kerja dan perkembangan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan. Oleh karena itu inovasi berbagai metoda dan model pendidikan harus juga dikembangkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka kemendiknas merancang dan menetapkan kurikulum yang dikenal dengan nama Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) adalah salah satu fakultas pilot project untuk kurikulum KKNI di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi kurikulum KKNI dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menghasilkan bahwa KKNI yang dirancang sudah sangat baik dan sesuai dengan ketentuan undang-undang dan learning outcomes yang dirancang sejalan dengan visi dan misi UIN dan FEBI. Dalam implementasinya 88% dari 110 responden mengatakan bahwa KKNI telah dilaksanakaan berjalan dan dengan baik.
Â
Kata kunci: Implementasi, Kurikulum, KKNI.
Downloads
References
Ahmad, dkk, Pengembangan Kurikulum, Bandung: CV. Pustaka Setia, 1998.
Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2004.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan
Pendidikan Tinggi RI, Dokumen 001 KKNI, Ristek Dikti, 2015.
Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, Ristek, 2016.
Harsono. Pengantar Problem-based Learning. Edisi kedua, Medika-Fakultas Kedokteran. Universitas Gadjah Mada, 2005.
Murray Print. Curriculum development and design (second edition). Sidney: Allen & Unwin, 1992.
Khun, Thomas, The Structure of Scientific Revolution. 3rd ed. Chicago, IL: University of Chicago Press, 1996.
Tohirin. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.
Unguh, Jasa. Metode Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 2014
Prideux D. ABC of leraning and teaching in medicine: Curriculum design. BMJ 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.