PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRESPEKTIF ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.111Abstract
Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang tujuannya untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik buruk, mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati sebagai cita-cita luhur dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, maka pendidikan karakter akan terlaksana jika selaras dengan sistem pendidikan nasional. Penyelengaraan pendidikan sistem pendidikan disebuah negara akan berbeda dengan negara lainnya, karena sistem pendidikan yang diselenggarakan diberbagai negara mempunyai ciri yang sesuai dengan latar belakang budaya masing-masing negara. Dalam pendidikan karakter harus melibatkan aspek seperti: kognitif, afektif, konatif, dan psikomotorik yang harus dikembangkan sebagai suatu keutuhan (holistik) dalam konteks kultural. Artikel ini merupakan hasil penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan dan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa pendidikan karakter merupakan pendidikan yang telah diajarkan Al qur’an, yaitu pendidikan yang mengedepankan Akhlak. Al-Qur’an dengan sangat tegas memberikan solusi yang nyata kepada kita untuk mengembangkan kesadaran spiritual, emosional, dan intelektual yang tidak hanya menjadi teori, tetapi Al qur’an memerintahkan untuk menerjemahkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Â
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan, Jakarta:, Rineka Cipta, 1991.
Dasar Etika dalam Islam. Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY.
Gunawan, Heri, Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung : Alfabeta, 2013.
http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir_luqman ayat 13-14.html
Juwariyah, Dasar-dasar Pendidikan Anak dalan al-Qur’an, Yogyakarta: Teras, 2010.
Koesoema A, Doni., Pendidiakn Karakter, Jakarta: Grasindo, 2010.
Lickona, Thomas, Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk karakter, Sukses Offset, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2012.
Marzuki. Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika dalam Islam, Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY:2009.
Maskawih, Ibnu, Tahdzib al-Akhlak wa Tathir al-A’raq, Mesir, Al Mathba’ah al-Misriyah, 1934.
Maunah, Binti, Perbandingan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2011.
Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan Mengatasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2003.
Qaradhawi, Yusuf. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna, terj. Bustami A. Ghani dan Zainal Abidin Ahmad, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.
Tafsir, Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006.
Wiyani, Novan Ardy. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta: Teras, 2012.
Yasin, A. Fatah. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.