Madrasah dan Sejarah Sosial Pendidikan Islam

Authors

  • Fitrijah Hidajati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Desy Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Abdul Kholiq Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Choirul Mahfud Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.115

Keywords:

Madrasah, Potret Sejarah Sosial, Pendidikan Islam

Abstract

Madrasah di Indonesia tumbuh dan berkembang sedikit banyak menjadi suplemen perkembangan pesantren dinilai fokus pada pembelajaran agama, namun masih minim akan pembelajaran umumnya plus keagamaan. Hingga hari ini, keberadaan madrasah tidak bisa dipisahkan dari runtutan rancangan untuk mengembangkan lebih baik mengenai aktivitas mendapatkan ilmu agama baik dirumah, musholla, pesantren ataupun masjid. Dari sini diketahui, bahwa kelembagaan madrasah sudah mengalami pembaruan kurikulum dan lainnya. Kehadiran madrasah dipandang sebagai indikator utama dalam perkembangan positif dan majunya prestasi kemajuan sejarah sosial pendidikan Islam.

  

Kata Kunci: Madrasah, Potret Sejarah  Sosial, Pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abudin Nata. Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006.

Ainurrafiq dan Ahmad T Dawam. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Yogyakarta: Listafariska Putra, 2005.

Azyumardi Azra. Historiografi Islam Kontemporer: Wacana, Aktualitas dan Aktor Sejarah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Choirul Mahfud. Politik Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

_____________, Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java, Studia Islamika 25 (3), 2018.

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1999.

Heru Juabdin Sada. Kebutuhan Dasar Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, No 2 (2017).

Husni Thoyar. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, 2004.

K Yahiji, C Mahfud, J Alfin, M Koiri, Rahmawati. Chinese ways of being good Muslim: from the Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 8 (2), 2018: 225-252.

Kementerian Pendidikan Nasional. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Panduan Sekolah, Balitbang Puskur Jakarta, 2010.

M. Noor Syam. Filsafat Pendidikan dan Dasar Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.

Malik A Fadjar. Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pedidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Nuansa, 2003.

Muhidin Dahlan. Sosialisme Religius; Suatu Jalan Keempat?, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2000.

Downloads

Published

2019-07-05

How to Cite

Hidajati, F., Wulandari, D., Kholiq, A., & Mahfud, C. (2019). Madrasah dan Sejarah Sosial Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.115