Madrasah dan Sejarah Sosial Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.115Keywords:
Madrasah, Potret Sejarah Sosial, Pendidikan IslamAbstract
Madrasah di Indonesia tumbuh dan berkembang sedikit banyak menjadi suplemen perkembangan pesantren dinilai fokus pada pembelajaran agama, namun masih minim akan pembelajaran umumnya plus keagamaan. Hingga hari ini, keberadaan madrasah tidak bisa dipisahkan dari runtutan rancangan untuk mengembangkan lebih baik mengenai aktivitas mendapatkan ilmu agama baik dirumah, musholla, pesantren ataupun masjid. Dari sini diketahui, bahwa kelembagaan madrasah sudah mengalami pembaruan kurikulum dan lainnya. Kehadiran madrasah dipandang sebagai indikator utama dalam perkembangan positif dan majunya prestasi kemajuan sejarah sosial pendidikan Islam.
Kata Kunci: Madrasah, Potret Sejarah Sosial, Pendidikan Islam
Downloads
References
Abudin Nata. Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006.
Ainurrafiq dan Ahmad T Dawam. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Yogyakarta: Listafariska Putra, 2005.
Azyumardi Azra. Historiografi Islam Kontemporer: Wacana, Aktualitas dan Aktor Sejarah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Choirul Mahfud. Politik Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
_____________, Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java, Studia Islamika 25 (3), 2018.
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1999.
Heru Juabdin Sada. Kebutuhan Dasar Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, No 2 (2017).
Husni Thoyar. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, 2004.
K Yahiji, C Mahfud, J Alfin, M Koiri, Rahmawati. Chinese ways of being good Muslim: from the Cheng Hoo Mosque to Islamic education and media literacy, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 8 (2), 2018: 225-252.
Kementerian Pendidikan Nasional. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Panduan Sekolah, Balitbang Puskur Jakarta, 2010.
M. Noor Syam. Filsafat Pendidikan dan Dasar Pendidikan Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional, 1986.
Malik A Fadjar. Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pedidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan kurikulum hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Nuansa, 2003.
Muhidin Dahlan. Sosialisme Religius; Suatu Jalan Keempat?, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2000.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.