Pola Pengajaran Multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Bagi Mahasiswa Non Muslim di Universitas Muhammadiyah Manado

Authors

  • Syaiful Bongso Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1167

Keywords:

Pengajaran Multikultural, Mahasiswa non-Muslim, Pendidikan Islam dan Kemuhammadiyahan

Abstract

Pola pengajaran multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi mahasiswa non-Muslim di Universitas Manado merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka menciptakan suasana akademik dan pembelajaran yang inklusif, merdeka, toleran, serta harmonis di tengah keberagaman agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengajaran Multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) diimplementasikan kepada mahasiswa non-Muslim dengan tujuan sebagai bagian dari upaya Dakwah Islamiyah juga meinimal memperkenalkan nilai-nilai Islam yang universal, seperti Toleransi, kedamaian, keadilan, bahkan saling menghormati. Pendekatan pengajaran yang digunakan mengutamakan pemahaman yang mendalam dan universal akan ajaran Islam dengan cara yang mudah, praktis dengan tetap menjaga keberagamaan yang ada, misalnya diskusi kelompok, kejian tematik, pendekatan dealogis dengan malsud untuk menumbuhkan sikat saling toleran serta memperkuat rasa persatuan dalam keragaman. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pengajaran ini, seperti perbedaan persepsi dan stereotip, serta solusi yang dapat diambil untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pola pengajaran multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa non-Muslim tentang ajaran Islam, mempererat hubungan antar agama, dan menciptakan atmosfer pendidikan yang lebih inklusif di Universitas Manado.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Nawawi, “Integrasi Mahasiswa Non-Muslim dalam Lingkungan Kampus Islam: Studi Kasus di Universitas Negeri.,” Lemb. Penerbit Univ. Islam Negeri Yogyakarta., 2023.

M. S. Harahap, “‘Keberagaman Agama di Perguruan Tinggi: Tantangan dan Peluang untuk Meningkatkan Toleransi.,’” J. Pendidik. Multikultural, 2021.

V. Chandra, “‘Membangun Pendidikan Multikultural: Perspektif Mahasiswa Non-Muslim di Perguruan Tinggi Islam.,’” J. Pendidik. dan Sos., 2020.

H. Fauzi, “Pengajaran Multikultural di Sekolah: Mengintegrasikan Budaya Lokal dan Global.,” J. Pendidik. dan Kebud., 2022.

A. S. Nurhayati, “Pendekatan Multikultural dalam Pendidikan di Indonesia.,” Jakarta Rajawali Pers, 2023.

S. Dian, “Pendidikan Multikultural: Membangun Sikap Toleransi di Kalangan Siswa.,” J. Stud. Pendidik., 2021.

J. A. Banks, “An Introduction to Multicultural Education (6th ed.).,” Bost. Pearson Educ., 2017.

P. C. Gorski, “‘Multicultural Education: A Critical Approach.,’” Int. J. Multicult. Educ., 2022.

M. Kholil, “Pendidikan Islam dalam Perspektif Muhammadiyah: Sejarah dan Pemikiran.,” Lemb. Penelit. Univ. Muhammadiyah Yogyakarta, 2023.

S. Amin, “‘Reformasi Pendidikan Islam dan Kontribusi Muhammadiyah dalam Pendidikan Tinggi di Indonesia.,’” J. Pendidik. Islam, 2022.

A. Muhammad, “‘Menggali Ajaran Islam dalam Pendidikan: Relevansi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa.,’” J. Pendidik. Multikultural, 2022.

S. Arif, “Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi: Perspektif Mahasiswa Non-Muslim.,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.

W. Sujanto, “Mahasiswa Non-Muslim di Indonesia: Sebuah Analisis Sosial dan Kultural.,” J. Sos. dan Keagamaan, 2023.

Published

2025-10-09

How to Cite

Bongso, S. (2025). Pola Pengajaran Multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Bagi Mahasiswa Non Muslim di Universitas Muhammadiyah Manado . NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(2), 92–115. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1167