Pola Pengajaran Multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Bagi Mahasiswa Non Muslim di Universitas Muhammadiyah Manado
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1167Keywords:
Pengajaran Multikultural, Mahasiswa non-Muslim, Pendidikan Islam dan KemuhammadiyahanAbstract
Pola pengajaran multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi mahasiswa non-Muslim di Universitas Manado merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka menciptakan suasana akademik dan pembelajaran yang inklusif, merdeka, toleran, serta harmonis di tengah keberagaman agama dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengajaran Multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) diimplementasikan kepada mahasiswa non-Muslim dengan tujuan sebagai bagian dari upaya Dakwah Islamiyah juga meinimal memperkenalkan nilai-nilai Islam yang universal, seperti Toleransi, kedamaian, keadilan, bahkan saling menghormati. Pendekatan pengajaran yang digunakan mengutamakan pemahaman yang mendalam dan universal akan ajaran Islam dengan cara yang mudah, praktis dengan tetap menjaga keberagamaan yang ada, misalnya diskusi kelompok, kejian tematik, pendekatan dealogis dengan malsud untuk menumbuhkan sikat saling toleran serta memperkuat rasa persatuan dalam keragaman. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pengajaran ini, seperti perbedaan persepsi dan stereotip, serta solusi yang dapat diambil untuk mengatasi hambatan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pola pengajaran multikultural Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa non-Muslim tentang ajaran Islam, mempererat hubungan antar agama, dan menciptakan atmosfer pendidikan yang lebih inklusif di Universitas Manado.
Downloads
References
A. Nawawi, “Integrasi Mahasiswa Non-Muslim dalam Lingkungan Kampus Islam: Studi Kasus di Universitas Negeri.,” Lemb. Penerbit Univ. Islam Negeri Yogyakarta., 2023.
M. S. Harahap, “‘Keberagaman Agama di Perguruan Tinggi: Tantangan dan Peluang untuk Meningkatkan Toleransi.,’” J. Pendidik. Multikultural, 2021.
V. Chandra, “‘Membangun Pendidikan Multikultural: Perspektif Mahasiswa Non-Muslim di Perguruan Tinggi Islam.,’” J. Pendidik. dan Sos., 2020.
H. Fauzi, “Pengajaran Multikultural di Sekolah: Mengintegrasikan Budaya Lokal dan Global.,” J. Pendidik. dan Kebud., 2022.
A. S. Nurhayati, “Pendekatan Multikultural dalam Pendidikan di Indonesia.,” Jakarta Rajawali Pers, 2023.
S. Dian, “Pendidikan Multikultural: Membangun Sikap Toleransi di Kalangan Siswa.,” J. Stud. Pendidik., 2021.
J. A. Banks, “An Introduction to Multicultural Education (6th ed.).,” Bost. Pearson Educ., 2017.
P. C. Gorski, “‘Multicultural Education: A Critical Approach.,’” Int. J. Multicult. Educ., 2022.
M. Kholil, “Pendidikan Islam dalam Perspektif Muhammadiyah: Sejarah dan Pemikiran.,” Lemb. Penelit. Univ. Muhammadiyah Yogyakarta, 2023.
S. Amin, “‘Reformasi Pendidikan Islam dan Kontribusi Muhammadiyah dalam Pendidikan Tinggi di Indonesia.,’” J. Pendidik. Islam, 2022.
A. Muhammad, “‘Menggali Ajaran Islam dalam Pendidikan: Relevansi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa.,’” J. Pendidik. Multikultural, 2022.
S. Arif, “Pendidikan Multikultural di Perguruan Tinggi: Perspektif Mahasiswa Non-Muslim.,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2021.
W. Sujanto, “Mahasiswa Non-Muslim di Indonesia: Sebuah Analisis Sosial dan Kultural.,” J. Sos. dan Keagamaan, 2023.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.





