Penguatan Pendidikan Agama Islam Mutidisipliner dalam Pendidikan Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Manado)

Authors

  • Muyassir Arif Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1168

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Multidisipliner, Pendidikan Madrasah

Abstract

Implementasi model PAI (Pendidikan Agama Islam) multidisipliner di madrasah merupakan sebuah upaya untuk memperkaya pembelajaran agama Islam dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu. Pendekatan multidisipliner ini bertujuan untuk menjadikan proses pendidikan lebih komprehensif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dalam konteks madrasah, model ini diharapkan dapat memperkaya wawasan siswa mengenai hubungan antara agama Islam dengan berbagai aspek kehidupan seperti sains, sosial, budaya, dan teknologi. Melalui kolaborasi antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya, model ini mendorong siswa untuk melihat agama sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan perkembangan intelektual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai strategi implementasi model PAI multidisipliner di madrasah, serta menganalisis tantangan dan potensi yang dihadapi dalam penerapannya. Diharapkan, hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di madrasah dengan cara yang lebih holistik dan dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rohman, F., & Rahman, “Pendekatan Multidisipliner dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah.,” J. Pendidik. Islam, 2021.

Budi Santoso, “‘Strategi Implementasi Pendekatan Multidisipliner dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah,’” J. Pendidik. Islam. Vol. 14, No. 3, 2023

Fahmi Zainal Abidin, “‘Pendidikan Agama Islam Kontemporer: Pendekatan Lintas Disiplin Ilmu,’” Penerbit Erlangga, 2022

Lexy J. Moleong, “Metodologi Penelitian Kualitatif,” Remaja Rosdakarya, 2018

M. A. Syamsuddin, ‘Mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam dengan Ilmu Sosial,’ Penerbit Pustaka Setia, 2024

M. Syafrudin, M., & Zainuddin, “Mengintegrasikan Sains dan Agama dalam Pendidikan Islam.,” J. Islam. Educ. Stud., 2022

Nurul Huda, “‘Islam dan Ilmu Pengetahuan: Perspektif Multidisipliner,’” Penerbit Al-Mizan, 2022

Nuryana, “Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan Alam: Perspektif Multidisipliner.,” Jakarta: Kencana, 2020.

Rina Susanti, “‘Pengembangan Kurikulum Terpadu di Madrasah: Integrasi PAI dengan Ilmu Sosial dan Alam,’” J. Pendidik. dan Kebud. Islam. Vol. 18, No. 2, 2024.

Rina Susanti, “Pengembangan Kurikulum Terpadu di Madrasah: Integrasi PAI dengan Ilmu Sosial dan Alam,” J. Pendidik. dan Kebud. Islam. Vol. 18, No. 2, 2024, 2023

S. Al-Qudah, “Pendidikan Agama Islam Multidisipliner: Menyongsong Masa Depan yang Holistik.,” Bandung: Remaja Rosdakarya., 2019.

Siti Rahayu, “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran PAI Multidisipliner di Madrasah,” J. Pendidik. Islam dan Teknol. Vol. 12, No. 3, 2024, 2024

Siti Sakinah, “Pendekatan Multidisipliner dalam Pendidikan Agama Islam,” Penerbit Univ. Islam Negeri Jakarta, 2023

Siti Sakinah, “Pendekatan Multidisipliner dalam Pendidikan Agama Islam,” Penerbit Univ. Islam Negeri Jakarta, 2023

Sugiyono, “Pendekatan Multidisipliner dalam Pendidikan,” Alfabeta, 2020

Published

2025-10-08

How to Cite

Arif, M. (2025). Penguatan Pendidikan Agama Islam Mutidisipliner dalam Pendidikan Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Istiqamah Manado) . NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 12(2), 136–164. https://doi.org/10.51311/nuris.v12i2.1168