Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini

Authors

  • Hermansyah Hermansyah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120

Keywords:

Pembelajaran, Sentra Seni, Kreatifitas Anak Usia Dini

Abstract

Sebagian besar anak dilahirkan cerdas. Dengan demikian, mereka juga dibekali kreativitas Pendidikan masa kanak-kanak sangat menentukan keberhasilan secara keseluruhan dimasa mendatang, Pada masa kanak-kanak inilah sebagai fondasi awal mendidik anak. Tujuan penelitian ini untuk menemukan: (1) perencanaan pembelajaran yang di lakukan oleh guru ataupun orang tua  dalam penegem kreativitas anak melalui pembelajaran sentra seni. (2) pelaksanaan serta upaya yang di lakukan guru ataupun orang tua  pada pemebelajaran sentara seni yang di lakukan guru ataupun orang tua  dalam pengembangan kreativitas anak, dan (3) evaluasi pengembangan kreativitas yang di lakukan guru ataupun orang tua  sentara seni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumumpulan data dengan tehnis observasi wawancara dan dokumentasi penentuan subjek penelitian di lakukan dengan mengunakan purposive sampeling.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Sentra Seni, Kreatifitas Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid Khon. Hadis Tarbawi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Armstrong Thomas. On Their On Way Discovering And Encouraging Your Child Multiple Intelligence, America: Educational Leadership, 2004.

B Uno Hamzah. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Depag RI. 2004. Al-qur’an dan Terjemahannya, Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-qur’an, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguru ataupun orang tua an Tinggi, Pembembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Jakarta, 2005.

Eli Harnida. Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time(BCCT) Pada Taman Kanak-Kanak Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak, Pustaka Program Pasca Sarjana IAIN STS Jambi.

Hasil Observasi awal, Tanggal 12 Desember 2013.

Imas Kurniasih. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Edukasia, 2009.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial Kuantitaif dan Kualitatif, Jakarta: Gaung Persada, 2008.

Koni Satria dan Hamzah B Uno. Assesment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Luluk Asmawati dkk. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Martini Jamaris. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2006.

Neni Arriyani. Panduan Pendidikan Sentra Untuk PAUD, Jakarta: Sekolah Al-Falah, 2006.

Noorlaila Iva. Panduan Lengkap Mengajar PAUD, Jogjakarta: Pinus Book Publisher, 2010.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2007.

Suyadi. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan: The Power of Smart Games For Children, Yogyakarta: Power Books, 2009.

Utami Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT Indeks, 2009.

www.wikipedia.org/Penelitian kualitatif. Tanggal 15 Januari 2014.

Yuliani S Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks, 2009.

Downloads

Published

2019-04-01

How to Cite

Hermansyah, H. (2019). Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 108–127. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120