Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v6i1.120Keywords:
Pembelajaran, Sentra Seni, Kreatifitas Anak Usia DiniAbstract
Sebagian besar anak dilahirkan cerdas. Dengan demikian, mereka juga dibekali kreativitas Pendidikan masa kanak-kanak sangat menentukan keberhasilan secara keseluruhan dimasa mendatang, Pada masa kanak-kanak inilah sebagai fondasi awal mendidik anak. Tujuan penelitian ini untuk menemukan: (1) perencanaan pembelajaran yang di lakukan oleh guru ataupun orang tua dalam penegem kreativitas anak melalui pembelajaran sentra seni. (2) pelaksanaan serta upaya yang di lakukan guru ataupun orang tua pada pemebelajaran sentara seni yang di lakukan guru ataupun orang tua dalam pengembangan kreativitas anak, dan (3) evaluasi pengembangan kreativitas yang di lakukan guru ataupun orang tua sentara seni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumumpulan data dengan tehnis observasi wawancara dan dokumentasi penentuan subjek penelitian di lakukan dengan mengunakan purposive sampeling.
Kata Kunci: Pembelajaran, Sentra Seni, Kreatifitas Anak Usia Dini.
Downloads
References
Abdul Majid Khon. Hadis Tarbawi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Armstrong Thomas. On Their On Way Discovering And Encouraging Your Child Multiple Intelligence, America: Educational Leadership, 2004.
B Uno Hamzah. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Depag RI. 2004. Al-qur’an dan Terjemahannya, Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-qur’an, Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguru ataupun orang tua an Tinggi, Pembembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Jakarta, 2005.
Eli Harnida. Model Pembelajaran Beyond Center And Circle Time(BCCT) Pada Taman Kanak-Kanak Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak, Pustaka Program Pasca Sarjana IAIN STS Jambi.
Hasil Observasi awal, Tanggal 12 Desember 2013.
Imas Kurniasih. Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Edukasia, 2009.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial Kuantitaif dan Kualitatif, Jakarta: Gaung Persada, 2008.
Koni Satria dan Hamzah B Uno. Assesment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Luluk Asmawati dkk. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
Martini Jamaris. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2006.
Neni Arriyani. Panduan Pendidikan Sentra Untuk PAUD, Jakarta: Sekolah Al-Falah, 2006.
Noorlaila Iva. Panduan Lengkap Mengajar PAUD, Jogjakarta: Pinus Book Publisher, 2010.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2007.
Suyadi. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan: The Power of Smart Games For Children, Yogyakarta: Power Books, 2009.
Utami Munandar. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT Indeks, 2009.
www.wikipedia.org/Penelitian kualitatif. Tanggal 15 Januari 2014.
Yuliani S Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.