Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri Muara Bungo

Authors

  • Abdul Roni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.125

Keywords:

Mudharabah, Minat Nasabah, dan Tabungan BSM

Abstract

Perkembangan Bank Syari’ah di Indonesia tergolong meningkat pesat, banyak bank-bank yang semula bersifat komersial akhirnya membuka cabang perbankan yang bersifat Syari’ah. Perusahaan-perusahaan perbankan tersebut bukanlah hanya sekedar mencoba untuk mengembangkan prinsip Syari’ah di Indonesia, tetapi faktor yang lebih penting adalah permintaan konsumen untuk dibentuknya perbankan Syari’ah. Pada akhirnya sangat diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui seberapa besar partisipasi dan kontribusi masyarakat menabung di Bank Syari’ah, dalam hal ini peneliti akan meneliti di bank syariah mandiri di Muara Bungo dengan judul penelitian Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Tabungan BSM Di Bank Syariah Mandiri Muara Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriftif Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 6000 nasabah Bank Syari’ah Mandiri Muara Bungo. Teknik pengambilan sampel, menggunakan rumus Slovin terdapat jumlah sampel sebanyak 99 responden (nasabah). Teknik pengumpulan data  menggunakan kuesioner sebanyak 14 item, pernyataan yang dinilai dengan skala Likert 5-1 serta menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji normalitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan uji parsial. Hasil penelitian ini adalah, Berdasarkan analisis regresi pada taraf signifikan 5%, dengan koefisien korelasi R sebesar 0,282, (28,2%) koefesiaen deteriminasi sebesar 0,079, (7,9%) nilai signifikansi 0,005<0,05; dan t hitung > dari t tabel  (2,890 > 1,985) Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan Bagi Hasil terhadap Minan Nasabah Pada Tabungan BSM Bank Syari’ah Mandiri Muara Bungo. Persentase sumbangan pengaruh variabel independen (bagi hasil Bank Syari’ah) terhadap variabel dependen (tabungan BSM) sebesar 7,9%, sedangkan 92,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain.

 

Keywords: Mudharabah, Minat Nasabah,  dan Tabungan BSM

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Karim Adiwarman. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Abdullah M.Faisal. Manajemen Perbankan Teknis Analisi Kinerja Keuangan Bank, Malang: UMM, 2003, cet. 3.

Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Brosur Bank Syariah Mandiri Muara Bungo

Budi Santosa Purbayu dan Muliawan Hamdani, Statistika Deskriptif Dalam Bidang Ekonomi dan Niaga, Jakarta: Erlangga, 2007.

Edwin Prasstio, Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah, Skripsi UIN Syarif Hidayatullh 2017, h. 94

Irwan dan Swastha. Perilaku Konsumen, Bandung:Alfabeta, 2001.

Komarudin. Kamus Perbankan, Jakarta:Grafindo ,1994.

Muhammad. Manajemen Bank Syariah, Yogyakarta: (UUP) AMP YKNP, 2005, hal. 105

Pelaayanan Bank syariah. Penjelasan Mengenai Nisbah di Bank Syariah, http:// www .syariahbank.com/penjelasan-mengenai-nisbah-di-bank-syariah/ diakses 9 Agustus 2017

Republik Indonesia. “Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah†Ketentuan Umum, Jakarta:2008, h. 5

Republik Indonesia.“Undang-Undang R.I. Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan Syariahâ€, Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan. Ketentuan Umum, Jakarta: 1998, h. 3

Sahid Raharjo Uji Normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan SPSS http : / / www .spss indonesia . com. diakses 28 September 2017

Sumadi Suryabrata. Metodologi Penelitian. Jakarta: Alfabeta 2011.

Sunyanto Danang. Metodologi Penelitian Akuntansi, Bandung:PT Refika Aditama, 2013.

Syafii Antonio Muhammad. Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik,. Jakarta: Gema Insani , 2001, Cet. 1

Wawancara Dengan Arie Kurniawan Customer Service, Dan Sandy Kurniadi Mantan Customer Service. Bank Syariah Mandiri Muara Bungo, 23 Agustus 2017

Wawancara Dengan Fajri Kanda Branch Operation and Service Manager, Ari. A. Irawan Micro Banking Manager dan Sandy Kurniadi Mantan Customer Service. Bank Syariah mandiri Muara Bungo, 23Agustus 2017

Wirdayani Wahab, Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah, vol. 1, Nomor. 2, h 16

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Roni, A. (2019). Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Pada Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri Muara Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 14–36. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.125