Penerapan Model Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Profesional Kinerja Guru Mata Pelajaran MIPA di SMPN 3 Muara Bungo

Authors

  • Eriyanti Eriyanti Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.126

Keywords:

Lesson Study, Profesional, dan Kinerja Guru

Abstract

Rendahnya kualitas professional guru mata pelajaran di SMP N 3 Muara Bungo, adalah permasalahan yang harus dituntaskan. Peneliti menerapkan model Lesson Study sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas professional guru mata pelajaran MIPA di SMP N 3 Muara Bungo. Model Lesson Study adalah solusi pemecahan masalah dalam upaya pembinaan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru mata pelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil refleksi pada kegiatan pembelajaran berikutnya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang 4 standar kompetensi utama yaitu: Pedagogik, kepribadian, Sosial dan Profesional. Ada 4 hal yang harus dikuasai guru yaitu: 1) menguasai materi pelajaran, 2) mampu mendiagnosis tingkah laku siswa, 3) mampu melaksanakan proses pembelajaran dan 4) mampu mengevaluasi hasil belajar siswa. Bertolak dari permasalahan dan pemecahan masalah dengan penerapan Lesson Study yang dilakukan sebanyak 2 siklus kegiatan yaitu melalui kegiatan Perencanaan (Plan), kegiatan Observasi (Do) dan kegiatan refleksi (See) pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil professional guru mata pelajaran MIPA. Hasil penilaian kinerja guru mata pelajaran MIPA sebelum penerapan Model Lesson Study nilai kinerja guru mata pelajaran MIPA 70,3 dengan hasil baik, dan setelah penerapan Lesson Study yang dilakukan sebanyak dua siklus kegiatan terjadi peningkatan nilai kinerja guru yaitu rata-rata 76,6, walaupun kenaikan sedikit tetapi makna Lesson Study adalah dapat meningkatkan kualitas professional guru mata pelajaran MIPA dalam menciptakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan, sehingga mutu pembelajaarn di SMP N 3 Muara Bungo dapat meningkat sesuai harapan tujuan pendidikan Nasional.

 

Kata kunci: Lesson Study, Profesional, dan Kinerja Guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Buchari Alma. Belajar Mudah Peneliti Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2009.

Hamah B. Uno. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

____________. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.

Martinis Yamin. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press, 2006.

Rusyam Tabrani. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia, 1969.

Sugiyono. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.

Suharsimi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Syaiful Sagala. Administrasi Kependidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2006.

Umar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Eriyanti, E. (2019). Penerapan Model Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Profesional Kinerja Guru Mata Pelajaran MIPA di SMPN 3 Muara Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(2), 37–53. https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.126