Penerapan Model Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Profesional Kinerja Guru Mata Pelajaran MIPA di SMPN 3 Muara Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v6i2.126Keywords:
Lesson Study, Profesional, dan Kinerja GuruAbstract
Rendahnya kualitas professional guru mata pelajaran di SMP N 3 Muara Bungo, adalah permasalahan yang harus dituntaskan. Peneliti menerapkan model Lesson Study sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas professional guru mata pelajaran MIPA di SMP N 3 Muara Bungo. Model Lesson Study adalah solusi pemecahan masalah dalam upaya pembinaan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru mata pelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil refleksi pada kegiatan pembelajaran berikutnya. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang 4 standar kompetensi utama yaitu: Pedagogik, kepribadian, Sosial dan Profesional. Ada 4 hal yang harus dikuasai guru yaitu: 1) menguasai materi pelajaran, 2) mampu mendiagnosis tingkah laku siswa, 3) mampu melaksanakan proses pembelajaran dan 4) mampu mengevaluasi hasil belajar siswa. Bertolak dari permasalahan dan pemecahan masalah dengan penerapan Lesson Study yang dilakukan sebanyak 2 siklus kegiatan yaitu melalui kegiatan Perencanaan (Plan), kegiatan Observasi (Do) dan kegiatan refleksi (See) pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil professional guru mata pelajaran MIPA. Hasil penilaian kinerja guru mata pelajaran MIPA sebelum penerapan Model Lesson Study nilai kinerja guru mata pelajaran MIPA 70,3 dengan hasil baik, dan setelah penerapan Lesson Study yang dilakukan sebanyak dua siklus kegiatan terjadi peningkatan nilai kinerja guru yaitu rata-rata 76,6, walaupun kenaikan sedikit tetapi makna Lesson Study adalah dapat meningkatkan kualitas professional guru mata pelajaran MIPA dalam menciptakan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan, sehingga mutu pembelajaarn di SMP N 3 Muara Bungo dapat meningkat sesuai harapan tujuan pendidikan Nasional.
Kata kunci: Lesson Study, Profesional, dan Kinerja Guru.
Downloads
References
Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Buchari Alma. Belajar Mudah Peneliti Untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta, 2009.
Hamah B. Uno. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
____________. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.
Martinis Yamin. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press, 2006.
Rusyam Tabrani. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia, 1969.
Sugiyono. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.
Suharsimi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Syaiful Sagala. Administrasi Kependidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2006.
Umar Hamalik. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.