Pendidikan Islam Dalam Keluarga Sebagai Solusi Degradasi Kejujuran

Authors

  • Mohammad 'Ulyan Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.140

Keywords:

Keluarga, Kejujuran, Pendidikan Islam

Abstract

Seorang anak memiliki potensi yang besar bagi keluarga, bangsa dan negara. Kepemimpinan bangsa ini beberapa puluh tahun ke depan, akan berada di tangan mereka. Walaupun kondisi mereka saat ini masih kecil dan tidak berdaya, namun mereka memiliki potensi yang besar untuk menjadi generasi penerus bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih jauh peran keluarga sebagai pilar penting pendidikan islam bagi anak khususnya masalah kejujuran. Penulis mengaplikasikan metode penelitian kulitatif dalam penelitian. Hasil pembahasan dalam tulisan ini tentang pendidikan keluarga sebagai salah satu pendidikan informal yang sangat penting bagi anak. Pendidikan akhlak dalam mengatasi degradasi kejujuran dapat dilakukan dengan uswatun hasanah, pemberian contoh, pembiasaan, bimbingan, nasihat, tarhib dan targhib.  Orang tua juga harus memberikan makanan kepada anak dari harta yang halal. Jika masing-masing keluarga melakukan pendidikan kejujuran yang baik pada gilirannya akan membentuk bangsa yang jujur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddin Nata. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media, 2016.
Aguslianto. “Pengaruh Sosial Media Terhadap Akhlak Remaja: Studi Kasus Di Kec. Kluet Timur Kab. Aceh Selatan”. (Skripsi, UIN Ar-Raniry, 2017).
Ah. Mansur. “Model Pengajaran Kejujuran Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Pondok Pesantren Al-Azhaar Lubuklinggau” Jurnal Epistime Vol. 11. No. 2.
Ahmad Atabik dan Ahmad Burhanuddin. “Konsep Nasih Ulwan Tentang Pendidikan Anak, dalam Elementary Vol. 3 No. 2.
Alif Lukmanul Hakim. “Membangun Karakter Bangsa Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Islami dalam Keluarga” dalam Ta’dib Vol. 6. No. 1.
Aris Nurhidayah, et.al. “Faktor-Faktor Penyebab Krisis Akhlak Dalam Keluarga: Studi Kasus Di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.” dalam Tarbawi Vol. 1, No.1.
Diah Ningrum. “Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab” dalam UNISIA Vol. 37, No. 82.
Emilya Ulfah. “Konsep Pendidikan Anak dalam Keluarga Perspektif Al-Quran : Analisis Kandungan QS. Ibrahim Ayat 35-41, QS. Luqman Ayat 12-19 dan QS. Ash-Shaaffat Ayat 100-113.” (Tesis, UIN Malang, 2017).
Eva Indriani. “Modernisasi Dan Degradasi Moral Remaja: Studi Di Desa Jati Mulyo Kec. Jati Agung, Kab. Lampung Selatan”, (Skripsi, UIN Raden Intan, 2019).
Fandi Setiawan. “Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran melalui Internalisasi Nilai Kejujuran pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” dalam JUPIIS Vol. 5 No. 2.
Halid Hanafi, dkk., Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Hasan Langgulung. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Al-Husna, 1986.
Hasbi Indra. Pendidikan Keluarga Islam Membangun Manusia Unggul. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Hasby Wahy. “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama.” dalam DIDAKTIKA Vol. XII No. 2.
Herdian. “Apakah Calon Pendidik Melakukan Ketidakjujuran Saat Ujian Mid Semester?” dalam Psycho Idea, No. 1.
Heri Jauhari Muchtar. Fikih Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Herquanto. “Plagiarisme: Runtuhnya Tembok Kejujuran Akademik.” dalam eJKI Vol. 1 No. 1.
Hery Noer Aly. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.
Ichsan. “Pendidikan Nilai Kejujuran Berbasis Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bantul Yogyakarta” dalam Edukasia Vol. 14 No. 1.
Judith Rich Harris dan Robert M. Liebert. The Child From birth through adolescence. New Jersey: Prentice-Hall, 1984.
Kamrani Buseri. Dasar, Asas Dan Prinsip Pendidikan Islam. Banjarmasin: IAIN Antasari, 2014.
Kementerian Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya (Online) https://quran.kemenag.go.id/index.php/sura/66.
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi, Edisi Revisi. Jakarta: Sekjen Kemenristekdikti, 2018.
Marzuki, “Pendidikan Karakter dalam Keluarga Perspektif Islam”, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-marzuki-mag/dr-marzuki-mag-pendidikan-karakter-dalam-keluarga-perspektif-islam.pdf.
Moh. Roqib. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS, 2009.
Mohammad Salik. Ilmu Pendidikan Islam. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2014.
Muhammad Amin. “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Lembaga Pendidikan” dalam Tadbir Vol. 1, No.1.
Muhasim. “Budaya Kejujuran Dalam Menghadapi Perubahan Zaman :Studi Fenomenologi Masyarakat Islam Modern”, dalam Palapa Vol. 5, No. 1.
Musthofa Al-Ghalayaini. ‘Idhotun Nasyi’in. Beirut: Al-Maktabah Al-Ashriyah, cet. 9, 1913.
Neneng Maghfiroh, dkk. Parenting dalam Islam. Banten: Yayasan Pengkajian Hadis el-Bukhari Institute, tt.
Ni Wayan Suarmini. “Keluarga Sebagai Wahana Pertama dan Utama Pendidikan Karakter Anak” dalam Sosial Humaniora Vol. 7, No. 1.
Nur Jannah. “Implikasi Teknologi Informasi Pada Perilaku Sosial Dan Keagamaan Siswa Kelas XI (Studi Kasus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kota Mojokerto” (Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Ampel, 2017).
Nurhadi. “Konsep Kurikulum Pendidikan Keluarga dalam Surah Luqman.” Dalam Al-Ishlah Vol. 10, No. 1.
Rofadhilah, et.al., “Dampak Penggunaan Teknologi Internet Terhadap Etika Dan Akhlaq Anak Dalam Keluarga Di Jakarta Utara.” dalam JISAMAR Vol. 2 No. 1.
Sani Insan Muhamadi. “Pembinaan Kejujuran Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Bahr Al-Adab.” dalam Pendidikan Agama Islam, Vol. 12, No. 2.
Sofa Muthohar. “Antisipasi Degradasi Moral di Era Global” dalam Nadwa Vol. 7 No. 2.
Sugiono. Metode Peneltitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Supriyono, dkk., Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Masa Kini. Jakarta: Kemendikbud, 2015.
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun 2003.
Windi Siti Jahroh & Nana Sutarna, Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral, Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Tahun 2016. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/issue/view/666
Windi Siti Jahroh & Nana Sutarna. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral”, Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Tahun 2016.
Zakiah Daradjat, et.al. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Akasara, 2008.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2015.
Zulkifli Syauqi Thontowi, et.al., “Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Qur’an Menjawab Urban Middle Class Milenial.” dalam Edukasi Islami Vol. 08. No.1.

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

’Ulyan, M. (2020). Pendidikan Islam Dalam Keluarga Sebagai Solusi Degradasi Kejujuran. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 26–51. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.140