Implementasi Nilai Kejujuran Akademik Peserta Didik di Lingkungan Sekolah Dasar

Authors

  • Ahmad Hariandi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi
  • Vira Puspita Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi
  • Anis Apriliani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi
  • Putri Ernawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi
  • Suci Nurhasanah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.143

Keywords:

Pendidikan karakter, Kejujuran akademik, Peserta didik

Abstract

Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan nilai, budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya untuk mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik, buruknya dan mewujudkan kebaikan dalam kehidupan  sehari- hari dengan sepenuh hati dan mewujudkan cita- cita luhur. Salah satu sikap yang menujukkan pribadi yang memiliki karakter yang baik ialah sikap jujur. Sikap jujur perlu ditanamkan oleh orangtua dan pendidik kepada anak sedini mungkin. Mengingat pentingnya sikap jujur di era modern ini, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana implementasi nilai kejujuran akademik peserta didik di lingkungan Sekolah Dasar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai kejujuran akademik peserta didik di lingkungan Sekolah Dasar saat situasi ujian serta motif yang mendasarinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis dengan metode studi pustaka dan observasi serta wawancara yang didapat dari informan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah Syarbini, Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2016
Amirulloh Syarbini, Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga, Jakarta : Ar-ruzz Media,2016
Arikunto. Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2016
A.tabrani Rusyan,Pendidikan Budi Pekerti, Jakarta: Inti Media Cipta Nusantara, 2006
Emosda. H, Penanaman Nilai-nilai Kejujuran dalam Menyiapkan Karakter Bangsa.2011
Fatimah. E. Psikologi Perkembangan Peserta Didik,Bandung: CV Pustaka Setia, 2006
Gardner, Howard, Multiple Intelligences: The Theory in Practice A Reader. New York: Basic Books,1993
Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Prespektif Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2013
Jalaludin, Psikologi Agama,Jakarta: PT RajaGrafindeo Persada, 2015
Koss, J. Academic Dishonesty Among Adolescents, American Psychological Association, 2011
Lestari,S.&adiyanti, M.G. Konsep Jujur Dalam Prespektif Orang.2012
Lestari, S., & Adiyanti, M. G. The Concept of Honesty in Javanese People’s Perspective. Anima, Jurnal Psikologi Indonesia, 2012
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif,Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2013
Mohammad Mustari,Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan,Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2014
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah,dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 2005
Muhammad Najid, dkk, Manajemen Strategi Pendidikan karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2016
Nursalam, N., Bani, S., & Munirah, M. Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa Pgmi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Uin Alaudin Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013
Schmelkin, I. P., & dkk. A Multidimensional Scaling of College Students Perceptions of Academic Dishonesty. The Journal of Higher Education,2008
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003,Undang-undang Sisdiknas Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakrta: Sinar Grafika, 2008
Zubaedi,Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nurhasanah, S. (2020). Implementasi Nilai Kejujuran Akademik Peserta Didik di Lingkungan Sekolah Dasar. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.143