Persimpangan Pendidikan Islam Tradisional dan Modern di Indonesia: Mencari Titik Temu

Authors

  • Jalaludin Jalaludin Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.179

Keywords:

Pendidikan, Pendidikan Islam Tradisional - Modern

Abstract

Tulisan ini membahas sedikit tentang kajian komparatif antara pendidikan Islam tradisional dan modern di Indonesia yang berujung pada satu titik temu antara keduanya. Melalui proses membaca, menganalisis dan membandingkan pendapat para tokoh pendidikan di Iindonesia diharapkan akan memberikan sebuah konsep yang terpadu antara pendidikan Islam tradisional dan modern. Tulisan ini diawali dengan pembahasan tentang konsep pendidikan tradisional dan modren, bentuk pendidikan tradisional dan modern yang dilaksanakan selama ini, realita titik temu antara pendidikan tradisional dan modern dan diakhiri dengan paradigma baru pendidikan Islam di Indonesia masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kata tradisional dengan modern secara etimologi tidak begitu berlawanan. Tetapi jika dikaitkan dengan pendidikan Islam, akan terdapat perbedaan mendasar antara pendidikan tradisional dengan pendidikan modern, terutama perbedaan pandangan filosofis, metodologi dan sistem pada masing-masingnya. Titik temu antara keduanya adalah sama-sama mengakui al-Quran dan Sunnah sebagai ajaran dasar  sementara titik perbedaan keduanya terletak pada ijtihad dan tajdid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman Wahid. Muslim di Tengah Pergumulan. Jakarta: LP3N. 1981
Ali Al-Jumbulati. Perbandinggan Pendidikan, terj. Jakarta: Rineka Cipta. 1994.
A.Malik Fadjar. Visi Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: LP3N. 1998.
Azyumardi Azra. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium. Baru, Jakarta: Legos. 1999.
Deliar Noer. Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942. Jakarta: LP3ES. 1985.
H.A.R. Gibb. Aliran-aliran Modern dalam Islam. Jakarta: Rajawali. 1993
Imam Bawani. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas. 1990.
Karel A. Steenbrink. Pesantren. Madrasah Sekolah Pendidikan Islam dalam Zaman Modern. Jakarta: LP3S. 1986.
Kuntowijoyo. Muhammadiyah dalam Perspektif Sejarah. Yogyakarta: PLP2M. 1985.
Marwan Saridjo. Bunga Rampai Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Ditjen Binbagais Depag. 1997.
Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos. 1980.
M. Ali Akbar. Perbandingan Hidup Secara Islam dengan Tradisi di Pulau Jawa. Bandung: AI-Maarif. 1980.
Moh. Khoiruddin, Pendidikan Islam Tradisional dan Modern dalam Jurnal Tasyri’ Vol. 25, No. 2, Oktober 2018.
Mumamad Quthb. Sistem Pendidikan Islam (terj). Bandung: Al-Ma'arif. 1988.
Poerwadarminta. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Populer. Bandung: Ganesha. 1985.
Tabrani ZA, Ilmu Pendidikan Islam (Antara Tradisional dan Modern), Kuala Lumpur: Al-Jenderami Press, 2009.
Tadjab. Perbandingan Pendidikan. Surabaya: Karya Aditama. 1994.
Zakiah Daradjat. Problematika Remaja di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang. 1978.

Downloads

Published

2020-09-19

How to Cite

Jalaludin, J. (2020). Persimpangan Pendidikan Islam Tradisional dan Modern di Indonesia: Mencari Titik Temu. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 184–197. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.179