Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 Melalui Workshop di SD Negeri 57/II Talang Silungko 2
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v7i2.229Keywords:
Kompetensi Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, WorkshopAbstract
Sekolah Dasar (SD) merupakan lembaga pendidikan dasar pertama yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan guna memberikan dasar terhadap tingkat pendidikan selanjutnya. SekolahDasar merupakan salah satu program pendidikan dasar wajib belajar sembilan tahun yang ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pengelolaan dan penanganan pendidikan dasar yang memadai demi meningkatkan mutu pendidikan sangat diperlukan.Penelitianinibertujuan agar guru mampu merencanakan pelaksanaan pembelajaran,agar materi disampaikan guru lebihdiserapolehsiswa. Berdasarkan hasil wawancara, rata rata guru di Sekolah Dasar Negeri Nomor 57/II Talang Silungko 2 belum mampu untuk menyusun Perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik untuk mengatasi masalah tersebut maka Penulis melakukan penelitian pada guru Sekolah Dasar Negeri Nomor 57/II Talang Silungko 2 tersebut dengan judul: Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Workshop di Sekolah Dasar Negeri Nomor 57/II Talang Silungko 2 tahun 2019. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing masing siklus terdiri dari 4 tahab yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dapat disimpulkan bahwa berdasar hasil Penelitian tindakan melalui workshop dilanjutkan dengan pembimbingan dari siklus ke siklus telah terjadi peningkatan kompetensi guru, yaitu pada siklus pertama dengan rataÂ-rata 60.4, pada siklus kedua menjadi 76.
Downloads
References
Eni Kurniawati, Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, 2009, Tesis, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Hamzah B. Uno, Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, Vol. 9 No. 2 September 2019, Safrudin, Penigkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Kegiatan Workshop Bagi Para Guru SDN SOKASARI 02 kecamatan Tegal Bumijawa Kabupaten Tegal, Semester II Tahum Pelajaran 2017/2018.
Republik Indonesia, Depdiknas, Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta, 2004.
_______________, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
_______________, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru
_______________, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional Pendidikan
_______________, PermendikbudNomor 81A Tahun 2013 (Lampiran 4)
_______________, Permendiknas No. 41 Tahun 2007
_______________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
_______________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
_______________, Undang-Undang Republik Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.