PEMBENTUKAN KARAKTER PRIBADI MUSLIM (Studi Kasus Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ad-Dhuha Dusun Purwasari Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo)
Abstract
Tujuan pendidikan prasekolah yaitu membantu anak didikmengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi
moral dan nilai-nilai agama, emosi sosial, kognitif, bahasa, fisik/motorik,
kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar. Perkembangan
moral dan nilai-nilai agama berhubungan dengan pembentukan karakter
anak. Perkembangan moral dan nilai-nilai agama yang baik adalah penting
dalam kesuksesan belajar anak dalam pembentukan karakter anak.
Pembentukan karakter pribadi muslim sejak dini pada anak dapat melalui
penerapan nilai-nilai agama yang sejalan dengan berkembangnya interaksi
anak dengan lingkungannya. Taman Kanak-kanak sebagai lingkungan
sosialisasi ke dua bagi anak usia 4-6 tahun adalah tempat di mana anak
belajar berinteraksi dengan teman-teman sebayanya serta orang dewasa
di luar rumah, dari interaksi tersebut anak mengalami berbagai macam
pengetahuan dan perilaku positif serta negatif. Pengalaman-pengalaman
perilaku yang anak peroleh ketika berinteraksi di sekolah akan lebih kaya
dan bervariasi dibanding dengan pengalaman-pengalaman perilaku yang
anak alami di rumah karena anak berinteraksi dengan lebih banyak orang,
baik teman yang sebaya dengannya, maupun orang yang lebih tua (misalnya
guru), dan yang lebih muda dari anak. Dalam hal ini, sekolah, sebagai
tempat merangsang pertumbuhan anak selain di rumah, berperan penting
dalam mengoptimalisasi perkembangan moral dan nilai-nilai agama anak di
taman kanak-kanak sesuai dengan tahapan usianya. Tulisan ini menyajikan
bagaimana pembentukan karakter pribadi muslim yang ditanamkan sejak
dini pada siswa TK Islam Terpadu AD-DHUHA Kecamatan Pelepat Ilir
Kabupaten Bungo.
Kata Kunci :Â Â Pembentukan Karakter, Muslim, Usia Dini, dan TK
Islam Terpadu AD-DHUHA
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.