PROFESIONALITAS KEPALA SEKOLAH DALAM KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Muk lisin

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang
paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagaimana
dikemukakan di dalam pasal 21 ayat 1 Peraturan Pemerintah No 28 Tahun
1990 bahwa “Kepala sekolah bertanggungjawab atas penyelenggaraan
kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan
lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasaranaâ€.
Namun banyak faktor penghambat tercapainya kualitas keprofesionalan
kepemimpinan kepala sekolah seperti proses pengangkatannya tidak
transparan, rendahnya mental kepala sekolah yang ditandai dengan
kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan
tugas, dan seringnya datang terlambat, wawasan kepala sekolah yang
masih sempit, serta banyak faktor penghambat lainnya yang menghambat
tumbuhnya kepala sekolah yang professional untuk meningkatkan kualitas
pendidikan.  Ini  mengimplikasikan  rendahnya  produktifitas  kerja  kepala
sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses, dan output).
Pelaksanaan Kurikulum 2013 diserahkan kepada pelaksana satuan
pendidikan yaitu (Guru, Kepala Sekolah, Komite Sekolah dan seluruh
institusi terkait dalam pendidikan) dengan pengawasan dan pendampingan
secara terus menerus.
Kata Kunci :   Kepala Sekolah, Profesionalitas, Kurikulum 2013

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-10-20

How to Cite

lisin, M. (2015). PROFESIONALITAS KEPALA SEKOLAH DALAM KEBERHASILAN KURIKULUM 2013. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 2(2), 106–115. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/25