Faktor–faktor Lokal dan Global Dalam Implementasi Manajemen Pendidikan Islam

  • Helmiati Helmiati Madrasah Aliyah Negeri 1 Bungo
Keywords: Faktor Lokal, Faktor Global, Implementasi, Manajemen Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan adalah elemen yang sangat penting dalam proses melahirkan generasi hebat serta berakhlak mulia. Pencapaian ini hanya akan bisa didapatkan jika sistem manajemen pendidikan yang dilakukan sudah terkategori baik. Dalam hal ini, juga termasuk manajemen pendidikan Islam. Manajemen pendidikan Islam bertujuan untuk membentuk kerjasama yang menguntungkan antara anggota lembaga pendidikan guna mencapai visi dan misi lembaga. Namun, saat ini implementasi manajemen pendidikan Islam masih mengalami kendala yang berarti. Hal ini disebabkan karena belum familiarnya konsep-konsep manajemen pendidikan Islam pada institusi-institusi pendidikan Islam. Termasuk dalam nuansa lokal dan global  dalam proses Implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi manajemen pendidikan Islam pada konteks lokal dan global serta membahas faktor-faktor lokal dan global dalam implementasi manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah: 1) adapun factor-faktor lokal dalam implementasi manajemen pendidikan Islam yaitu: Ideologi negara, perkembangan masyarakat, perkembangan ilmu pengetahuan. 2) sedangkan faktor global dalam implementasi manajemen pendidikan Islam yaitu: Manajemen personalia pendidikan Islam, manajemen kesiswaan pendidikan Islam, manajemen kurikulum pendidikan Islam dan manajemen sarana prasarana pendidikan Islam.

References

(http://www.muslimsource.com).
Abdullah Aly. Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).
Abuddin Nata. Paradigma Pendidikan Islam: Kapita Selekta Pendidikan Islam. (Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2011).
Altaf Gauhar. Tantangan dalam Pendidikan Islam. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006).
Amrullah Ahmad, et.al. Dimensi Hukum Islam dalam Sistim Hukum Nasional (Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 1996), h. xi. Lihat juga Amir Mu’allim dan Yusdani, Konfigurasi Pemikiran Hukum Islam (Cet. I; Yogyakarta: UI Press, 1999).
Curtis R. fINCH dan John R. Cruncilton. Curriculum Development in Vocational and Technical Education. (London: Allyn and Bacon, 1993).
Deliar Noer. Pembangunan di Indonesia. (Jakarta: Mutiara, 2004).
Imam Gunawan dan Djum Djum Noor Benty. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. (Bandung: Alfabeta CV, 2017).
Mujami Qomar. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Pendidikan Islam. (Jakarta : Erlangga, 2007).
Mujamil Qomar. Manajemen Pendidikan Islam. (Jakarta: Erlangga, 2015).
Mujammil Qomar. Manajemen Pendidikan Islam. (Jakarta: Erlangga, 2007).
Muwahid Shulhan. Manajemen Pendidikan Islam, (Yogyakarta:Teras,2013).
Nanang Fattah. Landasan Manajemen Pendidikan. (Bandung: Rosdakarya, 2002).
Oemar Hamalik. Manajemen Pengembangan Kurikulum. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007).
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Kalam Mulia, 2004).
Robbin dan Coulter. Manajemen (edisi kedelapan). (Jakarta, PT Indeks 2007).
Samsul Nizar. Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Smapai ke Indonesia. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016).
Sulistyorini, M. Faturrohman. Esensi Manajemen Pendidikan Islam. (Yogyakarta:Teras, 2014).
Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam. (Yogyakarya: Teras, 2009).
013.
Published
2021-06-07
How to Cite
Helmiati, H. (2021, June 7). Faktor–faktor Lokal dan Global Dalam Implementasi Manajemen Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 1-30. https://doi.org/https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.263
Section
Articles
Abstract Viewed = 33 times | PDF Downloaded = 11 times