Eksistensi Lembaga Pendidikan Islam Non Formal
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v8i2.321Keywords:
Eksistensi, Pendidikan Islam, Lembaga non FormalAbstract
Pendidikan merupakan salah satu alat untuk dapat membimbing seseorang menjadi orang yang baik terutama pendidikan islam. Dengan pendidikan islam akan membentuk karakter akhlakul karimah bagi peserta didik sehingga mereka mampu memfilter mana pergaulan yang baik dan mana yang tidak baik, lembaga pendidikan islam non formal merupakan salah satu lembaga yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mewujudkan tujuan pendidikan islam. Tujuan penelitian ini ingin mengambarkan bagaimana bentuk – bentuk lembaga pendidikan islam non formal dan bagaimana eksistensi lembaga pendidikan islam non formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang menitik beratkan pada penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan teks buku-buku pendidikan islam, dan naskah yang bersumber dari khazanah kepustakaan yang relevan. Hasil penelitian ini adalah bahwa lembaga pendidikan Islam nonformal memiliki kedudukan yang kokoh dalam Sistem Pendidikan Nasional. Dengan demikian, tidak ada pihak yang, karena alasan rasionalitas, efisiensi apalagi tidak senang, dapat menghalangi pelaksanaan pendidikan Islam. Eksistensi lembaga pendidikan Islam nonformal sebagai lembaga pendidikan dan dakwah serta lembaga kemasyarakatan telah tumbuh dan berkembang bersama warga masyarakatnya sejak berabad-abad. Oleh karena itu secara kultural lembaga ini bisa diterima, tetapi juga ikut serta membentuk dan memberikan corak serta nilai kehidupan kepada masyarakat yang senantiasa tumbuh dan berkembang.
Downloads
References
Abuddin Nata. Dkk, Ensiklopedi Islam, vol 3 Jakarta : PT. Ictiar Baru Van Hoeve, 1999.
. Kapita selekta Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa, 2003
Alawiyah, Tutty AS. Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Taklim. Bandung : Mizan.1997
Aziz, Abdul, DKK. Gerakan Islam Kontemporer di Indonesia .Jakarta : Diva pustaka, 2004
Abi Azmi. Manfaat Pesantren Kilat_abisazmi’s weblog. Htm, 2010
Abu Ahmadi dan Nur uhbiyati. IlmuPendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta, 1991
Andrienzens, Pengaruh Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal Terhadap Prestasi Pendidikan. Jakarta : Yudhistira, 2008
Ali Al-Jumbulati. Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1994
Endang Syaefuddin Anshari. Ilmu, Filsafat dan Agama. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1982
Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996
_________. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 1995
Hendro Puspito. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius, 2006
Jusuf Amir. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani press, 1995
Lynn Silipigni Connaway dan Ronald R. Powell, Basic research methods for librarians, 5th ed, Library and information science text series (Santa Barbara, Calif: Libraries Unlimited, 2010), 1.
Moh Roqib. Ilmu Pendidikan Islam “pengembangan pendidikan integratif di sekolah, keluarga dan masyarakat” . Yogyakarta: LKIS, 2009
Mestika Zed, Metode penelitian kepustakaan, Ed. 2 ,Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008
Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang DepDikNas, 2009
Umar Jaeni. Panduan Remaja Masjid. Surabaya: CV. Alfa Surya Grafika, 2003
Gerhana Sari Limbong. Peranan Pendidikan Islam non formal di Indonesia, 2011
Kuntowijoyo. DinamikaSejarahUmatIslamIndonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 1994
Samsul Nizar. SejarahPendidikan Islam.Jakarta: Kencana, 2008
https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama
Jurnal Tadib : Jurnal Pendidikan Islam" by Afriantoni Al Falembani
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.