Strategi Pendidikan Akhlak pada Abad 21 dalam Perspektif Filsafat al-Ghazali

Authors

  • Yafie Al Muhlasin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Mohamad Salik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.323

Keywords:

Pendidikan akhlak abad 21, Perspektif Imam al-Ghazali, Ihya ‘Ulumuddin

Abstract

Perkembangan peradaban pada abad 21 menuntut manusia untuk berperilaku serba instan. Perilaku itu dapat membawa ke arah kejahatan jika tidak dibentengi dengan pemupukan akhlak yang kuat pada saat mengenyam pendidikan di lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pendidikan akhlak yang sesuai untuk diajarkan pada lembaga pendidikan, baik formal, in-formal, maupun non-formal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan kitab Ihya ‘Ulumuddin sebagai sumber primernya. Pendidikan akhlak abad 21 yang diterapkan di lembaga pendidikan berbeda dengan abad sebelumnya. Pendidikan akhlak pada abad 21 lebih menekankan pada aspek penguatan jiwa dan akal anak didik. Menurut Imam al-Ghazali, setidaknya ada empat kriteria yang harus kuat dan dimiliki anak didik setelah selesai dari sekolahnya, yaitu kekuatan ilmu (pengalaman akal), dan kekuatan emosi, nafsu, adil (pengalaman jiwa). Menurutnya, sekolah harus membuat budaya-budaya baru dalam rangka memberikan penguatan akal dan jiwa anak didik. Seperti menambahkan berbagai macam ibadah disela-sela waktu pembelajaran anak didik dan memberikan sanksi dan reward kepada anak didik terhadap apa yang dilakukannya. Selain sekolah, orang tua juga berperan dalam pembentukan akhlak anak. Tuntutan berbakti kepada orang tua dapat mempengaruhi kekuatan jiwa anak didik, karena membiasakannya untuk melakukan hal-hal yang cenderung tidak disukai anak didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdirrahman, Abu. Kitabul ‘Ain. Tahqiq: Mahdi al Makhzumi dan Ibrahim as Samira’i, Dar dan Maktabah al Hilal.

Al-Ghazali. Ihya ‘Ulumuddin. Beirut: Dar Al-Kitab Al-Ilmiyah 1985.

Al-Ghazali. Minhajul Abidin 7 Tahapan Menuju Puncak Ibadah. Terj. Moh. Syamsi Hasan. Surabaya: Amelia, 2006.

Az-Zarnuji. Ta’lim al-Muta’allim ‘ala Tharriqa Ta’allum. Surabaya: Al-Hidayah, 1367 H.

Hasan Sulaiman, Fathiyah. Aliran-Aliran dalam Pendidikan Studi tentang Aliran Pendidikan Menurut al-Ghazali. Semarang: Dina Utama, 1993.

https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/

Ibnu Miskawaih. Tahdzibul Akhlak. Beirut: American University of Beirut.

Ibnu Rusyd, Abidin. Pemikiran al-Ghazali tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Ibrahim Anis, Al-Mu’jam al-Wasit. Mesir: Dar al-Ma’arif, 1972.

Kholik, Nur. Terobosan Baru Membentuk Manusia Berkarakter di Abad 21: Gagasan Pendidikan Holistik al-Attas. Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Masyfu, Jiddy. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Imam al Ghazali, Jurnal al Makrifat, Vol. 2, No. 1, April 2017.

Masyhur, Kahar. Membina Moral dan Akhlak. Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Muhammad bin Mukarram. Lisnul Arab. Beirut: Daru Shadir.

Nashruddin. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna). Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2015.

Pamungkas, Imam. Akhlak Muslim Modern: Membangun Karakter Generasi Muda. Bandung: Marja, 2012.

Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Saptono, Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga, 2011.

Sastrika, Putu Eka. Keterampilan Belajar dan Berinovasi Abad 21 pada Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Purwadita, Vol. 3, No. 1, Maret 2019.

Sungkowo. Konsep Pendidikan Akhlak (Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Barat). Jurnal Nur El-Islam, Vol. 1, No. 1, April 2014.

Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter?”, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, No. 1, Oktober 2011.

Surur, Misbahus. Problematika Pendidikan Moral di Sekolah dan Upaya Pemecahannya, Jurnal Fikroh, Vol. 1, No. 2, Januari 2010.

Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, 1986.

Thoha, Chabib. Substansi Pendidikan Islam (Kajian Teoritis dan Antisipatip Abad XXI). Banjarmasin: IAIN Antasari, 1997.

Tilaar, H.A.R. Agenda Reformasi Pendidikan Nasional. Magelang: Tera Indonesia, 1999.

Yunus, Abd. Hamid. Dairah al-Ma’arif. Cairo: al-Shab, tt.

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Muhlasin, Y. A., & Salik, M. (2022). Strategi Pendidikan Akhlak pada Abad 21 dalam Perspektif Filsafat al-Ghazali. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(1), 62–81. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.323