Model Temuan Untuk Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.330Keywords:
Temuan, Pesantren, Kitab kuningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Temuan dalam pembelajaran Kitab Kuning di pesantren untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sehingga mereka dapat menemukan ilmu baru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dan dilanjutkan dengan eksperimen. Penelitian dilakukan di kelas XI Nurul Iman Jambi. Penelitian ini menggunakan dua kelas paralel, satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Dalam kontrol kelas diterapkan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diterapkan model Temuan. Hasil dari penelitian ini adalah model temuan dapat lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model temuan dalam pembelajaran Kitab Kuning dapat meningkatkan efektif, keterampilan berpikir kritis sehingga siswa dapat menemukan pengetahuan baru untuk masing-masing studi. Melalui model temua guru terbantu di dalam kelas sehingga pembelajaran berlangsung lebih sistematis diimplementasikan dan signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
References
Arends, R. I., Wenitzky, N. E., & Tannenboum, M. D. 2001. Exploring teaching: An introduction to education. New York: McGraw-Hill Companies.
Atwi S., 2012. Desain Instruksional Modern, Jakarta: Erlangga
Berry M., (2012) [online]: http://milesberry.net/2009/09/meaningful-learning-and-ict/
Borg, W. R. & Gall, M. D., 1983. Educational research. New York & London: Longman.
Bruce J., Marsha W., and Emily C, 2011. Models of Teaching Model-Model Pengajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
El-Dahdah, Antoine. 1993. Encyclopedia of Arabic Grammar A Dictionary of Arabic In Chart and Tables. Bierut: Librarie du Liban Publishers.
Etin S., dan Raharjo, 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Kumara A., 2004, Model Pembelajaran “Active Learning” Mata Pelajaran Sains Tingkat SD Kota Yogyakarta Sebagai Upaya Peningkatan “Life Skills”. Jurnal Psikologi, 2, p. 63-91
Lie, A., 2002. Cooperative Learning, Memprakiekkan Cooperative Learning di ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia
Masek A. and Sulaiman Y., 2011. The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, 2 (1), p. 215-221
Muslich dan Mansur, 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Muzakkir, Sansudi dan Rifa’i A., 2014, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Berbantuan Multumedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi, Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 3 (1), p. 1-7
Nahar N. I., 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1. p. 64-74
Piaget, J., 1964. “Development and Learning”. Journal of Research in Science Teaching, 2, p. 176-186.
Puangtong, & Petchtone. (2014). The Development of Instructional Model Integrated with Thinking Skills and Knowledge Constructivism for Undergraduate Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116 (1), p 4283–4286.
Purnomo, 2011. Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 41, (1), p. 23-33
Putrayasa, I.B., 2011. Studi Penelusuran Miskonsepsi dalam Pembelajaran Tata Kalimat dengan Model Konstruktivisme Berpendekatan Inkuiri pada Siswa Kleas I SMP Ne-geri di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali (Prosiding KIMLI, 2011).
Richar F., Rebeca, B. (2005. )Understanding Student Differences, Journal of Engineering Education, 94 (1), 57- 72
Verhaar, J. W. M. 2006. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.
Widoyoko E. P., 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Widoyoko, P. E., 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winataputra, 2005. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka
Yamin, Martinis., 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.