Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karekter Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi

Authors

  • Rrodhiyah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.373

Keywords:

Tantangan Guru, Membina Karakter Siswa

Abstract

Berdasarkan hasil studi awal yang penulis lakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi maka terdapat beberapa permasalahan yang terjadi . Seperti: Sebagian siswa menunjukkan rendahnya karakter, hal ini ditandai dengan 1) Maraknya tawuran antar pelajar. 2) Kecendrungan sebagian siswa merokok pada jam istirahat. 3. Sebagian siswa terlambat datang kesekolah. 4) Rendahnya penghormatan terhadap guru hal ini ditandai ketika siswa bertemu dengan seorang guru tidak ada tegur sapa dari diri siswa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi, dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: 1) Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya karakter siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi yaitu faktor lingkungan, dan faktor keluarga, yang mana keluarga adalah faktor yang membantu terbentuknya karakter seorang anak. 2) Kendala guru Pendidikan Agama  Islam dalam membina karakter siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi adalah kurangnya dasar agama yang dimiliki siswa, sehingga siswa terkadang berbuat ataupun berprilaku semaunya, karena menurut mereka berprilaku dan bertindak semaunya sudah menjadi kebiasaan. kurangnya kerja sama sekolah dengan orang tua siswa, lingkungan bermain siswa di luar jam sekolah  dan pengaruh negatif berbagai media yang merusak. 3) Upaya guru Pendidikan Agama  Islam dalam membina karakter siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi melalui prilaku dan ucapan seperti keteladanan pendekatan, teguran dan bimbingan pembiasaan nasehat dan hukuman. Sementara itu upaya juga dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam, pesantren Kilat pada Bulan Ramadan, Kultum dan yasinan rutin di sekolah pada hari Jum’at, perlombaan-perlombaan keagamaan dan sebagainya. Upaya yang dilakukan ini sedikit banyaknya telah dapat mengatasi kendala Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran Dan Terjemahnya untuk Wanita, Penerbit Wali, Jakarta: 2012.

Abd. Rahman Getteng, Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika , Cet. VII; Yogyakarta: Grha Guru, 2012.

Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada media, 2006.

Abudin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Depok : Rajagrafindo Persada, 2014.

Ahmad Tafsir, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam , Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1990.

Amirulloh Syarbini, Guru Hebat Indonesia Yogyakarta: Arruz Media, 2015.

Bafirman, “Relationships Of Character And Physical Fitness Quality Through ‘Penjasorkes’ Learning To Students Of Elementary School”,International Journal Of Humanities And Social Science Volume 4, No. 11; 2014.

Bambang Dwi Argo, Tantangan dan Hambatan di Era Globalisasi, Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Semarang: 2013.

Bukhari Umar, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010

Costa Hofisi, “Critiquing Interviewing as a Data Collection Method”, Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Volume 5 No 16, 2014.

Dedi Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka: 2002.

E Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah . Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

________ Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.

________, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014.

________, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara: 2012.

Eka Prihatin, Manajemen Peserta didik, Bandung: Alfabeta, 2011.

G. Marifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Hasyim Asy’ari, Alala Nadlom Akhlak, Kediri: Ma’had Lirboyo 1997.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Rrodhiyah. (2022). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karekter Siswa di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(1), 107–133. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.373