Implementasi Pembelajaran Blanded Learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Indragiri Hilir

Authors

  • Masriani Masriani Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin
  • Dina Liana Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin
  • Rika Devianti Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin
  • Faridatul Munawaroh Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.386

Keywords:

Implementasi, Pembelajaran, Bleanded Leraning

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui implementasi serta kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan bleanded learning di MIN Indragiri Hilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil  penelitian  dapat disimpulkan bahwa implementasi bleanded learning telah terlaksana dengan baik, namun terdapat beberapa kendala seperti sulit dalam menyampaikan materi dikarnakan terkendala oleh media pembelajaran, selanjutnya kendala terdapat pula pada guru yang mengalami kesulitan dalam menilai secara objektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bachri, Bachtiar S. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan 10 (2010): 46–62.
Badan Pusat Statistik. “Luas Daerah Dan Jumlah Pulau Menurut Kabupaten/Kota Di Provinsi Riau, 2018.” Portal Bps, 2018. Https://Www.Bps.Go.Id/Indikator/Indikator/View_Data_Pub/1400/Api_Pub/38/Da_01/2.
Carman, Jared M. “Blended Learning Design.” Proceedings Of The Seventh Iasted International Conference On Computers And Advanced Technology In Education, No. October (2002): 491–96. Http://Blended2010.Pbworks.Com/F/Carman.Pdf.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. 4th Ed. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Development, Indonesian. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” Sekretariat Kepresidenan 46(2), No. Undang-Undang (2005): 113-116.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, No. 1 (2020): 55–61. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89.
Esi, Endang Purwaningsih, And Okianna. “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Xi Smk.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5, No. 10 (2016): 1–14. Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/17132/14624.
Graham, Charles R, And C. J Bonk. “Handbook Of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs (Chapter 1.1).” Pfeiffer - An Imprint Of Wiley 30, No. 6 (2004): 717. Http://Curtbonk.Com/Graham_Intro.Pdf.
Halloriau. “Terbanyak Di Kampar Dan Inhil, 11 Desa Di Riau Belum Dialiri Listrik.” Pt. Metro Media Cemerlang (Mmc), 2020. Https://Www.Halloriau.Com/Read-Pemprov-Riau-138296-2020-11-06-Terbanyak-Di-Kampar-Dan-Inhil-11-Desa-Di-Riau-Belum-Dialiri-Listrik.Html.
Iskandar. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gaung Prasada Pers, 2010.
Kompas. Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia Dari Januari Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul “Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia Dari Januari”, Klik Untuk Baca: Https://Www.Kompas.Com/Sains/Read/2020/05/1 (2020).
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Littlejohn, Allison, And Chris Pegler. Preparing For Blended E-Learning. Oxon: Routledge, 2007.
Ma, Alex. Kamus Ilmiah Populer Kontempore. Surabaya: Karya Harapan, 2005.
Malyana, Andasia. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 2, No. 1 Se-Articles (September 2, 2020). Http://Jurnal.Stkippgribl.Ac.Id/Index.Php/Pedagogia/Article/View/640.
Munir. Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta, 2012.
Okavia, Wahyu, And Nur Hayati. “Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi Covid 19 (Coronavirus Disease 2019).” Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 1, No. 1 (2020): 1–15.
Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Cv. Sarnu Untung, 2020.
Priono, Agus I., Purnawan Purnawan, And Mumu Komaro. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Menggambar 2 Dimensi Menggunakan Computer Aided Design.” Journal Of Mechanical Engineering Education 5, No. 2 (2019): 129. Https://Doi.Org/10.17509/Jmee.V5i2.15179.
Rahmawati, Novi Rosita, Fatimatul Eva Rosida, And Farid Imam Kholidin. “Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah.” Sittah: Journal Of Primary Education, 2020. Https://Doi.Org/10.30762/Sittah.V1i2.2487.
Ridwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2002.
Sadikin, Ali, And Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Pandemic).” Biodik 6, No. 2 Se- (June 30, 2020): 214–24. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2016.
Suharsimi arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Downloads

Published

2022-06-07

How to Cite

Masriani, M., Liana, D., Devianti, R., & Munawaroh, F. (2022). Implementasi Pembelajaran Blanded Learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Indragiri Hilir. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(1), 25–41. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.386