Implementasi Pembelajaran Blanded Learning di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.386Keywords:
Implementasi, Pembelajaran, Bleanded LeraningAbstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui implementasi serta kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan bleanded learning di MIN Indragiri Hilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi bleanded learning telah terlaksana dengan baik, namun terdapat beberapa kendala seperti sulit dalam menyampaikan materi dikarnakan terkendala oleh media pembelajaran, selanjutnya kendala terdapat pula pada guru yang mengalami kesulitan dalam menilai secara objektif.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. “Luas Daerah Dan Jumlah Pulau Menurut Kabupaten/Kota Di Provinsi Riau, 2018.†Portal Bps, 2018. Https://Www.Bps.Go.Id/Indikator/Indikator/View_Data_Pub/1400/Api_Pub/38/Da_01/2.
Carman, Jared M. “Blended Learning Design.†Proceedings Of The Seventh Iasted International Conference On Computers And Advanced Technology In Education, No. October (2002): 491–96. Http://Blended2010.Pbworks.Com/F/Carman.Pdf.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. 4th Ed. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Development, Indonesian. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.†Sekretariat Kepresidenan 46(2), No. Undang-Undang (2005): 113-116.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, No. 1 (2020): 55–61. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89.
Esi, Endang Purwaningsih, And Okianna. “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Xi Smk.†Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5, No. 10 (2016): 1–14. Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/17132/14624.
Graham, Charles R, And C. J Bonk. “Handbook Of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs (Chapter 1.1).†Pfeiffer - An Imprint Of Wiley 30, No. 6 (2004): 717. Http://Curtbonk.Com/Graham_Intro.Pdf.
Halloriau. “Terbanyak Di Kampar Dan Inhil, 11 Desa Di Riau Belum Dialiri Listrik.†Pt. Metro Media Cemerlang (Mmc), 2020. Https://Www.Halloriau.Com/Read-Pemprov-Riau-138296-2020-11-06-Terbanyak-Di-Kampar-Dan-Inhil-11-Desa-Di-Riau-Belum-Dialiri-Listrik.Html.
Iskandar. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gaung Prasada Pers, 2010.
Kompas. Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia Dari Januari Artikel Ini Telah Tayang Di Kompas.Com Dengan Judul “Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia Dari Januariâ€, Klik Untuk Baca: Https://Www.Kompas.Com/Sains/Read/2020/05/1 (2020).
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Littlejohn, Allison, And Chris Pegler. Preparing For Blended E-Learning. Oxon: Routledge, 2007.
Ma, Alex. Kamus Ilmiah Populer Kontempore. Surabaya: Karya Harapan, 2005.
Malyana, Andasia. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung.†Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia 2, No. 1 Se-Articles (September 2, 2020). Http://Jurnal.Stkippgribl.Ac.Id/Index.Php/Pedagogia/Article/View/640.
Munir. Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta, 2012.
Okavia, Wahyu, And Nur Hayati. “Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi Covid 19 (Coronavirus Disease 2019).†Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 1, No. 1 (2020): 1–15.
Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Cv. Sarnu Untung, 2020.
Priono, Agus I., Purnawan Purnawan, And Mumu Komaro. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Menggambar 2 Dimensi Menggunakan Computer Aided Design.†Journal Of Mechanical Engineering Education 5, No. 2 (2019): 129. Https://Doi.Org/10.17509/Jmee.V5i2.15179.
Rahmawati, Novi Rosita, Fatimatul Eva Rosida, And Farid Imam Kholidin. “Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah.†Sittah: Journal Of Primary Education, 2020. Https://Doi.Org/10.30762/Sittah.V1i2.2487.
Ridwan. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2002.
Sadikin, Ali, And Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Pandemic).†Biodik 6, No. 2 Se- (June 30, 2020): 214–24. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2016.
Suharsimi arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.