URGENCI KESEIMBANGAN IQ, EQ, SQ PENDIDIK DALAM PROSES MANAJEMEN PEMBELAJARAN

Authors

  • Sriani .

Abstract

Tujuan pembelajaran akan berhasil dengan baik, jika pendidik dapat menerapkan
suatu kecerdasan baik IQ, EQ, SQ ini yang dari Allah SWT sebagai potensi untuk manusia
yang harus diperankan secara seimbang, namun kenyataan selama ini kecerdasan tersebut
hanya didominasi IQ saja, tanpa harus diprakarsai atau melibatkan kecerdasan lainnya
EQ, SQ sebagai kecerdasan yang sangat memberikan peluang yang besar untuk menjadi
sukses dalam masyarakat dan dunia pendidikan tentunya, karena kecerdasan emosional
ini menurut hasil dan penelitian para ahli psikologi dan praktisi, mereka menjalani dan
mencontohkan orang yang sukses di dunia kerja ternyata tidak hanya dilihat kemampuan
IQ saja, dan seorang pendidik harus mampu mengendalikan emosi dan perasaan dirinya
dengan orang lain, ketika berempati dan bersosialisasi, berkomunikasi, humanis sehingga
ia dapat mengambil sebuah pembelajaran hikmah dan kebermaknaan dalam sikap dan
tindakan.
Tetapi kecerdasan imosional bukanlah segala-galanya juga yang membuat seseorang
sukses tentunya pendidik disini, karena kecerdasan imosional tanpa melibatkan fungsi
Kecerdasan Spiritual (SQ) dalam diri seseorang akan menakutkan, dan SQ inilah sebagai
pembimbing dan pengindai radar hati agar tindakan dari sikap bisa dilakukan lebih
arif dan bijaksana untuk mengarahkan kepada kebenaran Illahiah yang berfungsi pada
suara hatinya. Ketika emosi seorang berjalan baik maka suara hati spiritual hatinya
hidup dan terbuka menerima kebenaran, dan terlepas dari kebelengguan dan arogan
serta kemarahan, disinilah kesadaran yang harus dimiliki oleh seorang pendidik untuk
menyeimbangkan pentingnya IQ, EQ, SQ dalam proses memanege pembelajaran sebagai
guru yang cerdas dan professional.
Kata Kunci : Urgency IQ, EQ, SQ dalam proses manajemen pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-04-01

How to Cite

., S. (2015). URGENCI KESEIMBANGAN IQ, EQ, SQ PENDIDIK DALAM PROSES MANAJEMEN PEMBELAJARAN. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 55–77. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/45