URGENCI KESEIMBANGAN IQ, EQ, SQ PENDIDIK DALAM PROSES MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Abstract
Tujuan pembelajaran akan berhasil dengan baik, jika pendidik dapat menerapkansuatu kecerdasan baik IQ, EQ, SQ ini yang dari Allah SWT sebagai potensi untuk manusia
yang harus diperankan secara seimbang, namun kenyataan selama ini kecerdasan tersebut
hanya didominasi IQ saja, tanpa harus diprakarsai atau melibatkan kecerdasan lainnya
EQ, SQ sebagai kecerdasan yang sangat memberikan peluang yang besar untuk menjadi
sukses dalam masyarakat dan dunia pendidikan tentunya, karena kecerdasan emosional
ini menurut hasil dan penelitian para ahli psikologi dan praktisi, mereka menjalani dan
mencontohkan orang yang sukses di dunia kerja ternyata tidak hanya dilihat kemampuan
IQ saja, dan seorang pendidik harus mampu mengendalikan emosi dan perasaan dirinya
dengan orang lain, ketika berempati dan bersosialisasi, berkomunikasi, humanis sehingga
ia dapat mengambil sebuah pembelajaran hikmah dan kebermaknaan dalam sikap dan
tindakan.
Tetapi kecerdasan imosional bukanlah segala-galanya juga yang membuat seseorang
sukses tentunya pendidik disini, karena kecerdasan imosional tanpa melibatkan fungsi
Kecerdasan Spiritual (SQ) dalam diri seseorang akan menakutkan, dan SQ inilah sebagai
pembimbing dan pengindai radar hati agar tindakan dari sikap bisa dilakukan lebih
arif dan bijaksana untuk mengarahkan kepada kebenaran Illahiah yang berfungsi pada
suara hatinya. Ketika emosi seorang berjalan baik maka suara hati spiritual hatinya
hidup dan terbuka menerima kebenaran, dan terlepas dari kebelengguan dan arogan
serta kemarahan, disinilah kesadaran yang harus dimiliki oleh seorang pendidik untuk
menyeimbangkan pentingnya IQ, EQ, SQ dalam proses memanege pembelajaran sebagai
guru yang cerdas dan professional.
Kata Kunci : Urgency IQ, EQ, SQ dalam proses manajemen pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.