Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.486Keywords:
Hasil Belajar, Learning Cycle, KonvensionalAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis efektivitas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model Learning Cycle dengan konvensional. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen yang cocok untuk menguji pengaruh perlakuan variabel bebas terhadap variabel mediasi. Subyek penelitian berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIA (32 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan kelasVIB 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data yang digunakan adalah independent sample test dan rata-rata kemampuan berfikir siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Karena pada saat proses belajar mengajar berlangsung lebih terpusat pada peran siswa dan tidak didominasi oleh peran guru, berbeda dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) dimana guru yang berperan aktif pada saat pembelajaran berlangsung.
Downloads
References
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 43–45. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792
Ahmadurifai. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Penerapan Model Learning Cycle. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 210–220. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003892
Damayanti, T., Rosita, N. T., & Koswara, U. (2020). Penerapan model learning cycle 5e berbantuan alat peraga dalam upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Pasunda Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(1), 44–58.
Desty Sugiharti, S., Supriadi, N., & Andriani, S. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle 7E Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1573
Fajriah, nurul ainun, Nursalam, Suharti, & Nur, F. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle dengan Pendekatan Visualisasi terhadap Kemampuan Literasi Matematis ditinjau dari Mathematical Habits of Mind. Jurnal Cendika: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1626–1639.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 25–36. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.882
Hasanah, U., Rachmani, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E ( Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend ). Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.
Hatika, rindi genesa, & Rohani, S. (2021). efektivitas model pembelajaran learning cycle 7E terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa kelas X SMAN 3 rambah hilir. Jurnal Ilmiah Edu Sain, 4(1).
Hayati, I., Sholahuddin, A., & Irhasyuarna, Y. (2020). Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(3), 118–125. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i3.426
Imran, A., Amini, R., & Fitria, Y. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Model Learning Cycle 5E di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 343–349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.691
Kartini, P., Bahar, A., & Elvinawati. (2021). Studi perbandingan model pembelajaran learning cycle 5e dan guided discovery learning menggunakan media video pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa pendahuluan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Alotrop, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(1), 11–18.
Murnaka, nerru pranuta, & Yuniarti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 …. Jurnal Matematika Kraetif Inovatif, 9(1), 28–37. http://www.ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/JIMSA/article/view/129
Nur, S. S., & Noviardila, I. (2021). Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu. Journal of Education Research, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.38
Pratiwi, S., Simare, M., & Juwitaningsih, T. (2022). efektifitas penerapan model belajar learning cycle 5E berbantuan media ajar chemdraw terhadap hasil belajar siswa pada materi gugus fungsi. Jurnal Zarah, 10(2), 114–121.
Prihastoto, R., Haryono, H., & Ashadi, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 110. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i1.22918
Rosida, P., & Suprihatin, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas 2 Smu. Proyeksi, 6(2), 89–102. https://doi.org/10.30659/p.6.2.89-102
Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD Matematika dengan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.10-22
Safitri, I., Handayani, D., & Rohiat, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Materi Hidrolisis Garam Di Kelas Xi Mipa Sman 1 Bengkulu Tengah Tahun Ajaran 2018/2019. Alotrop, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 3(2), 206–212. https://doi.org/10.33369/atp.v3i2.10507
Sakdiyah, H. (2018). pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Relativitas, 1(1), 1–8.
Saputra, W., Fadly, W., Faizah, ulinnuha nur, & Kusumaningrum, aldila candra. (2021). Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Pendekatan SSD terhadap Peningkatan Kemampuan Membuat Keputusan Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 343–353.
Saputri, anggi dwi, Medriati, R., & Rohadi, N. (2019). Penerapan Model Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Usaha dan Energi di Kelas X MIA 3 MAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.7-12
Shofiah, S., Lukito, A., Yuli, T., & Siswono, E. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 54–62.
Sriyanti, I. (2021). Sikap Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Pasunda Journal of Mathematics Education (PJME), 11(1), 36–50. https://doi.org/10.5035/pjme.v11i1.3840
Suriani, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 63–69. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i1.9303
Syarifuddin. (2020). Efektivitas Penerapan Model Learning Cycle Terhadap Pythagoras Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Salomekko. Jurnal Tadris Matematika, 01(01), 20–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.