Pengaruh Penerapan Number Heads Together (NHT) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.496Keywords:
Number Head Together, Motivasi, Hasil Belajar Siswa FiqihAbstract
Dalam pembelajaran fiqih, Number Heads Together (NHT) dapat digunakan sebagai variasi dari pengajaran dan pemberlajaran fiqih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh dari NHT dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini merupakan semu experimental dengan rancangan factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini adalah siswa VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Jumlah populasi 123 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling; jumlah sampel adalah 62 siswa. Siswa dari kelas B sebagai kelas eksperimental dan mahasiswa dari kelas C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur motivasi belajar. Data dalam penelitian ini dianalisis secara manual dengan rumus uji t dan anova 2 arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh NHT terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih, (3) terdapat interaksi NHT dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa NHT adalah sebuah model pembelajaran yang efektif di dalam mengajarkan mata pelajaran fiqih. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa NHT dapat digunakan sebagai strategi pengajaran mata pelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTS Nurul Islam Muara Bungo.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.
Dkk, Nursyamsi. “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 MUARA BADAK.” Jurnal Pendidikan 1, no. No 10 (2016).
Dkk, Soesilowaty Halim. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA.” Pijar MIPA 14, no. No 1 (2019).
Handayani, Ekan. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Sejarah.” Jurnal Pendidikan Sejarah 5, no. no 2 (2016).
Ibrahim. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA, 2000.
Jerry H. Makawimbang. Supervisi Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabet, 2011.
Martinis Yamin. Paradigma Brau Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press, 2011.
Mudjiono, Dimyati dan. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Pradana, Pascalian Hadi. “PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT & STAD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA.” Gammath 1, no. no 2 (2016).
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Sadirman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2012.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Syarifuddin, Amir. Garis-Garis Besar Fiqih. Jakarta: Prenada Media Group, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.