Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat dalam Meningkatkan Animo Masyarakat di Kuala Tungkal
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i1.500Keywords:
Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan, Animo MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat. Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat. Penelitian ini di muat dalam bentuk deskriptif kualitatif, yang menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan temuan penulis, dalam melakukan pemasarannya, Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat menggunakan strategi meliputi unsur 5 P yaitu produk (product), yaitu dari segi Tahfidz, Kedisiplianan, Adab budi pekerti dan Program salafi , harga (price), yaitu dengan harga yang masih standard rata-rata di pasaran, lokasi (place), Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat sendiri memiliki lokasi yang strategis, orang (people), memiliki sumber daya manusia (guru, dan staf) yang berkompeten di bidangnya masing-masing, serta promosi (promotion), yaitu dilakukan dengan menggunakan penyebaran brosur, kalender, dan pamflet. Faktor pendukung dalam melakukan pemasarannya yaitu berupa promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut oleh para orang tua beserta kepala madrasah diangkat menjadi bupati Tanjung Jabung Barat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana – prasarana yang didalamnya terdapat kekurangan beserta masih adanya siswa yang terpaksa untuk sekolah sehingga tidak sampai selesai. Keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat dibuktikan dengan meningkatnya pendaftran setiap tahun terhadap animo masyarakat di madrasah tersebut.
Downloads
References
Anif Istianah, “Pelaksanaan Upacara Adat 1 Sura di Desa Traji Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah”. Skripsi: Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.
Engkoswaram dan Mahmud. Pengantar Pasar Modren. Yogyakarta: UU AMP YKPN, 2015.
Engkoswra & Komariah. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Indrioko, E. Membangun Citra Publik dalam Lembaga Pendidikan Islam. UNIVERSUM: Jurnal Keislaman dan Kebudayaan, 9(2) 2015.
Kotler, Armstrong, Garry. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008.
Moleong, Lexi. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1997.
Muktar. Metode Praktis Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Pres, 2013.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2003.
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Prenada, 2010.
Winardi. Entrepreneur Dan Enterpreneurship. Jakarta: Kencana, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.