Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur dan Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi

Authors

  • Syarif Hidayatullah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Fadhil UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Darma Putra UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.501

Keywords:

Strategi Guru PAI, Karakter Jujur, Disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi jujur dan disiplin siswa, hambatan dan strategi guru PAI dalam membentuk karakter jujur dan disiplin siswa di sekolah menengah pertama ahmad dahlan kota jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Ahmad Dahlan Jambi dengan subyek penelitian guru dan siswa sebagai responden utama. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kondisi jujur dan disiplin siswa di SMP Ahmad Dahlan Jambi terkatagori banyak yang masih rendah karena semua siswa yang sudah diminta infomasi mengatakan semua pernah melakukan berbohong dan melanggar peraturan tata tertib, baik dengan guru maupun dengan siswa lainnya selama di lingkungan sekolah. Adapun hambatannya yaitu kurangnya pro-aktif serta konstribusi siswa dalam pembuatan peraturan tata tertib sekolah. Kemudian, Strategi-strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk karakter siswa yaitu guru PAI menerapkan sikap tegas, disiplin dan jujur kepada siswa selama didalam kelas agar siswa terbiasa dengan sikap tersebut dan akhir menjadi karakter siswa serta guru PAI juga menerapkan dalam kegiatan ekstrakulikuler, seperti dalam kegiatan OSIS, PMR, pramuka, olahraga, membaca yasin setiap hari jum’at, dan membaca ayat-ayat pendek setiap setelah sholah zuhur. Tujuan dilakukan dari kegiatan tersebut adalah untuk membentuk karakter jujur dan disiplin siswa serta mengembangkan minat, bakat, skill yang ada pada diri siswa masing-masing. Kesimpulannya dari hasil penelitian ini agar dapat menjadi pertimbangan pihak sekolah untuk membuat pedoman serta tolak ukur yang detail tentang nilai-nilai karakter jujur dan disiplin yang dapat dikembangkan dan diterapkan di sekolah SMP Ahmad Dahlan Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunillah, Nurla Isna. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Laksana, 2018.

Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Djoh, Arcella J.M.U. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Penerapan Tata Tertib Sekolah Dan Pembelajaran PPKN Di Sma Negeri 1 Waingapu.” Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Vol.4, no. No.1 (2022).

Mahasti Windha Wardhani. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 19 (2018): 1882.

Masitoh & Laksmi Dewi. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kemenag, 2009.

Muhaimin. Strategi Belajar Mengajar. Suarabaya: Citra Media, 1996.

Muktar. Metode Praktis Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Pres, 2013.

Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Octavia, Lanny. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab, 2014.

Pupuh. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama, 2013.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia Group, 2012.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.

———. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 2003.

Suharto, Toto. Rekontruksi Dan Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2005.

Syaiful Bahri Djamarah. Guru Dan Siswa Dalam Interaksi Pendidikan. Cet 1. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

W. Wuryandani dan Agung R. Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press, 2018.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Hidayatullah, S., Fadhil, M., & Putra, D. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur dan Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 217–239. https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.501