Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di MAN 1 Bungo

Authors

  • Sriani Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.507

Keywords:

Kemampuan Profesional Guru, Motivasi Kerja dalam Mengajar

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi deskriptif kinerja mengajar guru, kemampuan professional dan motivasi kerja guru, serta bagaimana meningkatkan kemampuan profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja mengajar guru di MAN 1 Bungo. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yakni dengan pendekatan kualitatif yang didukung dengan studi observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Lokasi penelitian ini bertempat di MAN 1 Bungo dengan subyek penelitian guru dijadikan sebagai responden penelitian utama. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kemampuan profesional guru sangat menentukan sekali terhadap kinerja mengajar guru dan motivasi kerja guru kinerja mengajar guru untuk meningkatkan kemampuan profesional dan motivasi kerja dan kinerja mengajar guru di MAN 1 Bungo. Rekomendasi yang diajukan adalah kinerja mengajar guru, hendaknya guru meningkatkan perencanaan pembelajaran dengan baik sesuai dengan dasar keilmuan yang dimiliki secara profesional, meningkatkan kemampuan professional, dengan ini guru harus mengikuti seminar, pelatihan maupun workshop tentang peningkatan kinerja dan professional guru dalam mengajar yang diadakan oleh sekolah, maupun pemerintah dan lembaga professional. Hasil dalam penelitian ini agar motivasi kerja guru meningkat, dan guru berusaha untuk selalu menumbuhkan semangat dan etos kerjanya di sekolah demi meningkatkan kualitas kinerja khusunya mengajarnya di MAN 1 Bungo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar.Bandung: Alfabeta, 2009.

Development, Indonesian. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” Sekretariat Kepresidenan.

Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron. Behavior in Organizations. New Jersey: Prentice Hall, 2003.

Hasibuan, Melayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit PT. Bumi Aksara. Jakarta, 2000.

Hasibuan, Malayu SP. Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003.

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011

Siagian Sondang.P. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta, 1995.

Sugiyono. Penelitian Kuantitatif dan Kuantitatif, R&D.Bandung: Alfabeta, 2018.

Sagala, Saiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan Bandung: Alfabeta, 2006.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.

Uzer, Moh. Usman. Menjadi Guru Profesional .Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Williams, Dona. Employee Performance Evaluation : Procedure Guide. USA : East Tennesee State University, 2004.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Sriani. (2024). Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru di MAN 1 Bungo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(2), 242–254. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.507