Pembinaan Karakter Disiplin dan Relegius Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Ogan Ilir
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.509Keywords:
Pembinaan, Karakter Disiplin, Karakter ReligiusAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mendiskrispsikan bagaimana pembinaan karakter disiplin dan karakter relegius melalui kegiatan keagaman, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter disiplin dan karakter relegius di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Raudahtul Ulum Sakatiga Indralya Ogaan Ilir. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumennya adalah peneliti sendiri dan beberapa guru, wali siswa dan siswa. Data penelitian didapat dari; wawancara, dokumnetasi, dan observasi. Pembinaan karakter disiplin dan karakter relegius adalah bagian penting dalam pendidikan karakter bagi peserta didik. Proses pembinaan karakter tersebut harus melalui media-media yang sesuai dengan objek pembinaan yaitu peserta didik, dan yang menjadi salah satu medianya adalah kegiatan keagamaan di sekolah. Perlu perencanaan yang matang yang harus dilakukan oleh pengurus sekolah dan para guru dalam menentukan kegaiatan keagamaan yang harus diikuti oleh para peserta didik, agar proses pembinaan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembinaan karakter disiplin dilakukan berjalan dengan baik, dengan indikator; disiplin mentaati peraturan sekolah,, disiplin dalam ibadah, dan disiplin dalam mengikuti kegiatan di asrama. Pembinaan karakter relegius juga berjalan dengan baik, dengan indikator; ketaatan dalam beribadah kepada Allah swt, mandiri dan bertanggung jawab, jujur dan amanah, sopan santun, dermawan, suka bekerja sama, percaya diri, kreatif, kerja keras, rendah hati tidak sombong, serta toleransi dan persaudaraan.Faktor yang mendukung pembinaan karakter tersebut adalah; perencanaan, pendanaan, sumber daya guru dan staf, kerjasama orangtua, motivasi, serta sarana dan prasarana. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya; padatnya kegiatan, cuaca, lemah motivasi dalam diri santri, kurangnya kerja sama antara sekolah dan orangtua, dan faktor keluarga.
Downloads
References
Arif Nurrahman, Irawan Ardy, 2019, Analisis Tingkat Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama AL-TA'DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Volume 12 No. 2, P-ISSN: 1979-4908, E-ISSN: 2598-3873
Dalmeri. “Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character)”. Jurnal Al-Ulum Vol. 14 Nomor 1, Juni 2014.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan.
Kusuma Dharma, 2012, Pendidkan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lickona, Thomas, 2012, Mendidik Untuk Membentuk Karakter; Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab, Penerjemah: Juma Abdul Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara.
Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Teras.
Meleong, Lexy J., 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhayati Nanik, 2010, Peningkatan Motivasi dan Kegiatan Keagamaan Melalui Penciptaan Suasana Religius di SMA Negeri 5 Madiun, Malang: Tesis tidak Diterbitkan, hlm. 17
Purwanto, 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif, untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suyadi, 2013, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset/
Wahjosumidjo, 2003, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta; PT. Radja Grafindo Persada.
Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.