Pembinaan Karakter Disiplin dan Relegius Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Ogan Ilir

Authors

  • Kiagus Abdul Gamal Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ermis Suryana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Tutut Handayani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.509

Keywords:

Pembinaan, Karakter Disiplin, Karakter Religius

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendiskrispsikan bagaimana pembinaan karakter disiplin dan karakter relegius melalui kegiatan keagaman, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter disiplin dan karakter relegius di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Raudahtul Ulum Sakatiga Indralya Ogaan Ilir. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan  menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumennya adalah peneliti sendiri dan beberapa guru, wali siswa dan siswa. Data penelitian didapat dari; wawancara, dokumnetasi, dan observasi. Pembinaan karakter disiplin dan karakter relegius adalah bagian penting dalam pendidikan karakter bagi peserta didik. Proses pembinaan karakter tersebut harus melalui media-media yang sesuai dengan objek pembinaan yaitu peserta didik, dan yang menjadi salah satu medianya adalah kegiatan keagamaan di sekolah. Perlu perencanaan yang matang yang harus dilakukan oleh pengurus sekolah dan para guru dalam menentukan kegaiatan keagamaan yang harus diikuti oleh para peserta didik, agar proses pembinaan berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembinaan karakter disiplin dilakukan berjalan dengan baik, dengan indikator; disiplin mentaati peraturan sekolah,, disiplin dalam ibadah, dan disiplin dalam mengikuti kegiatan di asrama. Pembinaan karakter relegius juga berjalan dengan baik, dengan indikator; ketaatan dalam beribadah kepada Allah swt, mandiri dan bertanggung jawab, jujur dan amanah, sopan santun, dermawan, suka bekerja sama, percaya diri, kreatif, kerja keras, rendah hati tidak sombong, serta toleransi dan persaudaraan.Faktor yang mendukung pembinaan karakter tersebut adalah; perencanaan, pendanaan, sumber daya guru dan staf, kerjasama orangtua, motivasi, serta sarana dan prasarana. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya; padatnya kegiatan, cuaca, lemah motivasi dalam diri santri, kurangnya kerja sama antara sekolah dan orangtua, dan faktor keluarga.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Nurrahman, Irawan Ardy, 2019, Analisis Tingkat Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama AL-TA'DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Volume 12 No. 2, P-ISSN: 1979-4908, E-ISSN: 2598-3873

Dalmeri. “Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character)”. Jurnal Al-Ulum Vol. 14 Nomor 1, Juni 2014.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan.

Kusuma Dharma, 2012, Pendidkan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lickona, Thomas, 2012, Mendidik Untuk Membentuk Karakter; Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab, Penerjemah: Juma Abdul Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara.

Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan, Yogyakarta: Teras.

Meleong, Lexy J., 2016, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhayati Nanik, 2010, Peningkatan Motivasi dan Kegiatan Keagamaan Melalui Penciptaan Suasana Religius di SMA Negeri 5 Madiun, Malang: Tesis tidak Diterbitkan, hlm. 17

Purwanto, 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif, untuk Psikologi dan Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suyadi, 2013, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset/

Wahjosumidjo, 2003, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta; PT. Radja Grafindo Persada.

Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Gamal, K. A., Suryana, E., & Handayani, T. (2024). Pembinaan Karakter Disiplin dan Relegius Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Ogan Ilir. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(2), 265–283. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.509