Pola Pelaksanaan Pembinaan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tahfidzul Qur’an Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Sumatera Selatan

Authors

  • Zulfadli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kms. Badaruddin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Maryamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.512

Keywords:

Pola, Pembinaan, Tahfidzul Qur’an

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama baik antara pemerintah maupun masyarakat sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar RI 1945 Pasal 31 ayat (1) yakni memberi hak kepada setiap warga negara Indonesia untuk mendapatkan pengajaran. Pada masyarakat Indonesia sebelum ada dan berkembangnya lembaga khusus (formal dan nonformal) untuk mengajarkan baca tulis Al Qur’an, Madrasah Tahfidzul Qur’an Raudhatul Ulum merupakan salah satu program pembinaan Al-Qur’an yang dilakukan di luar pembelajaran formal sekolah. Tentu saja pembinaan di lembaga pendidikan formal dan nonformal memiliki tantangan yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dan metode in-depth interviews. Penelitian kualitatif merupakan penelitian penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara, analisis isi, dan metode pengumpulan data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, Menarik Kesimpulan/Verifikasi Pola pembinaan ini sesuai dengan program yang telah ditentukan atau kegiatan yang berjalan sesuai perencanaan, seperti pola pembinan Tahsin, Tahfidz dan Tasmi’ yang dilaksanakan pada kegiatan sehari-hari. Adapun pola pembinaan Tahfidz Qur’an ini didukung dengan Program unggulan yang dirancang sesuai untuk meningkatkan kemampuan menghafal Alqur’an santri dan santriwati Madrasah Tahfidzul Qur’an Lil Aulad Radhatul Ulum baik secara Ruhiyah, Fikriyah dan Jasadiyah. faktor pendukung pola pembinaan tahfidzul qur’an meliputi: niat dan motivasi, Peran Guru atau Musyrif dan Musyrifah, Adanya Target Hafalan yang ingin dicapai dalam waktu tertentu, Lingkungan yang kondusif, dan kecerdasan. sedangkan faktor penghambat meliputi: kurang motivasi, kesulitan dalam menghafal, lupa terhadap surah yang dihafal, malas dan bosan, bermain, berbuat maksiat, dan padatnya aktifitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Alquran, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Arikunto, Suharsimi, ManajemenPenelitian, Jakarta: RinekaCipta, 2010.

, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Bandung: Alfabeta, 2010.

Aziz, Abdul Abdul Rauf, Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah, Bandung: Pt Syaamil Cipta Media, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004.

Humam, As’ad, Konsep Naskah Buku Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan TK TPA Nasional, Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis al- Qur’an, 1995.

Korcab Qiraati Kebumen, Pembinaan Ta’limul Qur’an Asatidz Metode Qiraati Kabupaten Kebumen, Kebumen : Korcab Qiraati Kab. Kebumen, 2000

mKarakter’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8.1 (2017), 61 <https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097>.

Suharso dan Ana Retnoningsih, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang:CV. Widya Karya, 2009.

Kamus alma’aani online, https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/

Mas’ud, Abdurrahman. Menuju Paradigma Islam Humanis, Yogyakarta: Gama Media, 2003.

Miftah, Thoha, Pembinaan Organisasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997.

Munawwir, Ahmad Wanson, Kamus AL Munawar, Surabaya: Pustaka Progresi, 2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta: Cetakan ketiga, 2020.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Seoklah dan Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta; PT. Radja Grafindo Persada, 2004.

Yunus. Mahmud. Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyah, 2010.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Zulfadli, Kms. Badaruddin, & Maryamah. (2024). Pola Pelaksanaan Pembinaan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tahfidzul Qur’an Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya Sumatera Selatan. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(2), 318–336. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i2.512