KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK (Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Barat)
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan bagian dari ajaran pendidikan Islam. Padahal kitaketahui bersama bahwa negara Indonesia sebagian besar beragama Islam. Dengan
pendidikan akhlak yang baik ini diharapkan nilai-nilai ajaran pendidikan Islam dapat
ditanamkan dan dilaksanakan di negara Indonesia ini. Pendidikan akhlak yang baik
akan menghantarkan pelakunya menjadi manusia yang berakhlak mulia di berbagai lini
kehipan. Karena begitu pentingnya pendidikan akhlak ini maka perlu dikaji ulang dan
dikomparasikan dengan pemikiran tokoh Barat. Artikel ini membahas tentang bagaimana
konsep pendidikan akhlak dalam perspektif al Ghazali yang dikomparasikan dengan
pemikiran tokoh Barat. Kajian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran
tentang konsep pendidikan akhlak yang dikaitkan dengan pendidikan Islam yang ada
pada masa sekarang.
Hasil dari kajian artikel tersebut menunjukkan bahwa Imam al Ghazali merupakan
Ulama besar yang hidup di masanya dengan semangat mencari ilmu yang sangat tinggi.
Ini semua dibuktikan dengan adanya karangan kitab-kitab beliau yang diterjemahkan
dalam berbagai bahasa. Pendidikan akhlak adalah usaha yang dilakukan secara sadar
untuk membimbing dan mengarahkan kehendak seseorang untuk mencapai tingkah
laku yang mulia dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Sedangkan menurut tokoh Barat
akhlak identik dengan moral, susila dan etika. Dimana kurang memperhatikan esensi
dan akibat dari perbuatan yang dilakukan. Sehingga dapat dikatakan bahwa orang yang
beretika baik walaupun bertentangan dengan syariat Islam dianggap telah melakukan
perbuatan baik.
Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Al-Ghazali, Barat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.