PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU TEMA LINGKUNGAN
Abstract
Kurang tersedianya bahan pembelajaran IPS terpadu di kelas II SD/MI bisamenyebabkan tumpang tindih materi sehingga waktu pembelajaran kurang efektif.
Sebagian besar guru di kelas II SD/MI belum menggunakan bahan pembelajaran IPS
terpadu tema lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mencari kebutuhan guru terhadap
bahan pembelajaran IPS terpadu tema lingkungan, karakteristik bahan pembelajaran,
menyusun bahan pembelajaran IPS terpadu tema lingkungan, dan kepraktisan bahan
pembelajaran IPS terpadu tema lingkungan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian ini terdiri dari
3 tahapan, yakni tahap studi pendahuluan,tahap studi pengembangan dan evaluasi. Subjek
penelitian meliputi, analisis kebutuhan, validasi prototipe bahan pembelajaran dan uji
coba produk. Subjek analisis kebutuhan terdiri dari 8 guru SD/MI dan 20 siswa yang
dipilih secara purposive sampling. Spesifkasi produk yang dikembangkan adalah bahan
pembelajaran. Uji coba desain dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group design.
Guna menguji efektivitas dalam uji coba pelaksanaan dapat dilakukan pengujian dengan
metode eksperimen.
Hasil penelitian ini diantaranya kebutuhan bahan pembelajaran IPS terpadu
tema lingkungan. Guru dan siswa membutuhkan bahan pembelajaran yang memiliki
karakteristik terpadu, kontekstual dan hirarkis. Pengembangan bahan pembelajaran
tersebut berdasarkan karakteristik yang diperoleh. Pengembangan draft bahan
pembelajaran divalidasi oleh pakar. Hasil penilaian 2 pakar terhadap bahan pembelajaran
IPS terpadu tema lingkungan dinyatakan valid, rata-rata skor dari 2 pakar mencapai 3,45
termasuk dalam kategori sangat baik. Saran dan masukan dari pakar digunakan untuk
merevisi. Draft 2 tersebut kemudian diuji coba keefektifan dan kepraktisannya. Hasil
analisis besarnya nilai peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen adalah 0,6254 dan
kelompok kontrol adalah 0,3032. Karena nilai gain kelompok eksperimen berada pada
0,3 ≤ g < 0,7, maka peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen berkategori sedang.
Hasil analisis uji perbedaan rata-rata data post-test antara kelompok eksperimen dengan
kelompok kontrol diperoleh nilai thitung = 8,214 dengan ttabel = t(0,95;86) = 1,664 yang
berarti bahwa rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok
kontrol. Saran pada penelitian ini, perlu dikembangkan lagi bahan pembelajaran yang
dapat meningkatkan aspek afektif dan psikomotorik. Cakupan pengembangan bahan
pembelajaran dapat diperluas, tidak hanya pada semester II.
Kata kunci : Pengembangan bahan pembelajaran, IPS terpadu, Hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.