Isu-Isu Problematis yang Dihadapi dalam Pembelajaran Rumpun Keagamaan (Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah)

Authors

  • Elza Eka Putri Institut Darul Ulum Sarolangun, Sarolangun, Jambi
  • Abdul Kholik Institut Agama Islam Syeh Maulana Qori Bangko, Merangin, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.553

Keywords:

Problema, Pembelajaran, Akidah Akhlak

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai isu problematis yang perlu diperhatikan untuk memastikan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  apa saja isu-isu problematis dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan apa saja Solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun Teknik penentuan penelitian ini menggunakan Teknik analisis data, sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada problematika dalam pembelajaran akidah akhlak di madrasah Aliyah yang sering terjadi problematika guru, problematika siswa, problematika sarana prasarana. Upaya yang dilakukan sekolah untuk memperbaiki kepribadian siswasiswi dengan melalui upaya guru akidah akhlak, upaya siswa, upaya pihak sekolah serta menerapkan peraturan- peraturan yang ketat, dan mengadakan kegiatan Islami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assidiq, Yanuar Falih, and Zakiyah Zakiyah. “Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah Bumiayu Brebes.” Alhamra Jurnal Studi Islam 2, no. 1 (April 23, 2021): 98.

Djamaluddin, Dr Ahdar, S Ag, S Sos, and Dr Wardana. “4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis” (n.d.).

Hanafy, Muh Sain. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran” 17, no. 1 (n.d.).

http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4366.

https://journal.staidk.ac.id/index.php/alifbata/article/view/264.

Journal of Basic Education (JBE) 2, no. 1 (January 31, 2022). Accessed December 24, 2022.

Jumaini, Jumaini, Hilda Hirmaliza Hertin, Mazruatun Nisfiyati, and Malik Ibrahim. “Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 5, no. 1 (September 20,2021): 48.

Jurnal Konsep Pembelajaran-Buku.Pdf,” n.d

Mahwiyah, Faridatul, Qurrota A’yun, Febi Fatlika Nurussofiah, and Siti Khotijah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Diskusi Siswa Smp Miftahul Arifin Bantaran Kabupaten Probolinggo” (n.d.).

Murdidarwani, Zelasti, Irwan Satria, and Dian Jelita. “Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas 8 Di MTsN 1 Bengkulu Utara” (n.d.).

Musdalifah, Debi. “Metode Experiental Learning dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMA An Nuriyyah Bumiayu.” Journal of Islamic Education Research 1, no. 01 (December 31, 2019): 65–82.

Nihayatus Sa’adah, 17201153199. “Pengaruh Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mts Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol

Saputra, Annor, and Ahmad Rifa’i. “Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Disiplin

Siswadi MI Darul Falah Pematang Benteng Hilir.” BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2, no. 2 (December 30, 2020): 164–179.

Suarjana, I. Wayan Gede, and Siti Fathimah. “Ergonomi Dalam Pembelajaran (Teori Dan Aplikasi)”(2022).

Sulistiyany, Nursely, and Saefudin Zuhri. “Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Clt) Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak,” no. 2 (2015).

Syafirin, Muhammad Syafirin, and Muh. Tarmizi Tahir Muh. Tarmizi Tahir. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Siswa Kelas Vii/1 Di Mts Wirdullatifah Nw Banjar Manis.” JOURNAL OF ALIFBATA:

Taufik, Moh Alqhoswatu. “Konsep Belajar Menurut Teori Humanistik (Memanusiakan Manusia).” JURNAL STUDI ISLAM" AL-FIKRAH" 2, no. 1 (2020).

Tulungagung.” Skripsi. IAIN Tulungagung, April 23, 2019. Last modified April 23, 2019. Accessed December 24, 2022.

Yulianti, Eka, and Indra Gunawan. “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis.” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2, no. 3 (June 23, 2019): 399–408. Accessed December 29, 2022.

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Putri, E. E., & Kholik, A. (2024). Isu-Isu Problematis yang Dihadapi dalam Pembelajaran Rumpun Keagamaan (Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah). NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 52–70. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.553