Isu-isu Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Authors

  • Darmawi Institut Darul Ulum Sarolangun
  • Herwin Wijaya Kusuma Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Sibuan Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.573

Keywords:

Problematika, Pembelajaran, Al-Qur'an Hadis

Abstract

Pembelajan al-Quran dan Hadis memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dalam siswa dan kehidupannya di lingkungan keluarga, sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Akan tetapi dalam proses pelaksanaan pembelajaran al-Quran dan Hadis di masa modern ini, memiliki isu-isu problematis yang perlu diperhatiakan oleh para guru maupun negara untuk memantau perkembangan siswa dalam mata pelajaran al-Quran dan Hadis. Tujuan dari penlitian ini yaitu untuk mengetahui serta menganalisis mengenai permasalahan yang ada dalam pembelajaran al-Quran dan Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriftif. Teknik penentuan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data, dan teknik pengumpulan dalam penelitian ini yaitu observasi, analisis data berupa buku, jurnal, karya ilmiah, serta sumber yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan terdapat isu-isu pembelajaran al-Quran dan Hadis di Madrasah Ibtidaiyah, hal tersebut berkaitan dengan permasalahan yang ada pada guru, siswa dan lingkungan. Problematika pada guru yaitu pada penggunaan media pembelajran yang kurang efektif, tidak menguasai bahan ajar serta kurang terampil dalam mengelola pembelajaran. Siswa terdapat permasalahan pada psikologis dan mental, yang membuat kurang motivasi dalam belajar. Lingkungan sekolah dan keluarga juga memiliki pengaruh terhadap pembelajaran al-Quran dan Hadis. Lingkungan keluarga, kurangnya pantauan oleh kedua orang tua, serta didikan yang ketat membuat siswa frustasi. Lingkungan sekolah yaitu didikan oleh guru yang ketat serta kurangnya media pembelajaran al-Quran dan hadis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Samana, Profesionalisme Keguruan (Yogyakarta: Kanisius, 1994)

Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah, At-Tarbiyah Al-Islamiyyah: Dasar-DasarPendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1993)

Amin, Rifqi, ‘Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum: Studi Kasus Di Universitas Nusantara PGRI Kediri’, Didaktika Religia, 2.1 (2013) <https://doi.org/10.30762/didaktika.v1i2.121>

Argista Rahmaini, Muqowin, ‘Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Untuk Madrasah Ibtidaiyah (Mi)’, Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 6.April (2021), 11–26

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Bulan Bintang, 2016)

Fa’atin, Salmah, ‘Pembelajaran Al-Quran Dan Hadis Di Madrasah Ibtidaiyah Dengan Pendekatan Integratif Multidisipliner’ (Kudus: Elementary, 2017)

Hasibuan, Lias, ‘Kurikulum Dan Pemikiran Pendidikan’, 2018

Madum, Mohamad, ‘Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Al-Qur’an Hadis Pada Peserta Didik Kelas XII Di MA An-Nawawi 03 Kebumen’, Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 4.2 (2021), 186–98 <https://doi.org/10.58518/alfurqon.v4i2.746>

Maskhuroh, Lailatul, ‘Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI Qur-Any) di SMA Primaganda Jombang’, Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 1.1 (2019), 58–75

Pauseh, Amanah Noor, Nanda Nurul Azmi, and Alvira Pranata, ‘Analisis Faktor Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Serta Solusinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar’, Armala, 3.1 (2022), 47–56

Putra, Purniadi, and Idawati Idawati, ‘Telaah Kurikulum Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Di Madrasah Ibtidaiyah’, JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3.2 (2017), 108–19 <https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1645>

Rahman, Muhammad Kholilul, Bambang Suharto, and Rilia Iriani, ‘Meningkatkan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pjbl Berbasis Steam Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit’, JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3.1 (2020), 10–22 <https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.306>

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2006)

———, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2016)

Ratnawati, Dewi, Ahmad Zainal Abidin, and Eko Zulfikar, ‘Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Di Era Industri Dalam Konteks Indonesia’, Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 6.1 (2020), 72 <https://doi.org/10.24014/potensia.v6i1.8624>

Reality, Tim, Kamus Terbaru Bahasa Indonesia (Surabaya: Reality Publisher, 2016)

Sayekti, Nur Darojah, ‘Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Al Qur’an Hadis Di MTsN 1 Gunung Kidul’, in Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher, 2022, V, 135–42

Shihab, M Quraish, Menabur Pesan Ilahi: Al-Qur’an Dan Dinamika Kehidupan Masyarakat (Lentera Hati, 2016)

Srifariyati, Srifariyati, ‘Kualifikasi Guru Qur’an Hadits Di Madrasah’, Madaniyah, 5.2 (2015), 271–95

Steenbrink, Karel A, ‘Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Moderen’, (No Title), 1986

Susilawati, Elfi, ‘Kreativitas Guru Dalam Penerapan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 7 Aceh Besar’ (UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2020)

Suteja, Pendidik (Guru), Subjek Pendidikan (Pendidik), Journal of Chemical Information and Modeling, 2013, LIII

Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam (Surabaya: Al-Ikhlas, 1983)

Zikrillah, ‘Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Aliyah Miftahul Huda’, SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2.1 (2022), 37

Downloads

Published

2024-05-21

How to Cite

Darmawi, Kusuma, H. W., & Sibuan. (2024). Isu-isu Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah (MI) . NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(1), 137–162. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i1.573