PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI MEMBACA INTENSIF MODEL CIRC

Authors

  • Nur Rahmatan Mursalin Sekolah Tinggi Agama Islam DDI POLMAN

Abstract

Pendidikan Bahasa Indonesia difokuskan pada empat keterampilan berbahasa. Dalam
kurikulum di sekolah biasanya mencakup empat segi yaitu keterampilan menyimak
(listening skills), berbicara (speaking skills), membaca (reading skills) dan menulis (writing
skills).
Salah satu model pembelajaran kooperatif yang tepat digunakan dalam mengajarkan
pembelajaran membaca pemahaman adalah model Cooperative Integrated Reading and
Composition. Pembelajaran membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sangat
tepat jika menggunakan model CIRC. Tujuan utama menggunakan model CIRC dalam
pembelajaran membaca adalah membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman dan meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah.
Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, kompetensi membaca, model
CIRC

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-01

How to Cite

Mursalin, N. R. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI MEMBACA INTENSIF MODEL CIRC. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 94–108. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/64