MODEL PEMBELAJARAN PENGALAMAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Annisa’i Choiriyah Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Tuban

Abstract

ne"> Tulisan ini mendiskipsikan bagaimana materi Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah, yang merupakan
implementasi perdana khususnya SMPN 3 Tuban berdasarkan
Kurikulum 2013, bisa dicerna, mendapat respon positif dan
diamalkan dengan baik, dengan menggunakan Model
Pembelajaran Pengalaman Langsung (MPPL). Penelitian ini
dirancang menggunakan jenis penelitian kuantitatif dalam
bentuk experiment dua grup, dan teknik pengumpulan data
berupa (1) observasi, (2) tes tulis, (3) praktek dan (4) angket,
yang berupa (1) data hasil aplikasi MPPL, (2) hasil belajar siswa,
dan (3) data pengaruh MPPL terhadap peningkatan hasil
Pendidikan Agama Islam. Langkah- langkah penganalisaan data
yang dilakukan secara kuantitatif, meliputi: (1) identifikasi (2)
pensekoran, (3) Penentuan pengaruh dengan “Test†( sign test)
menggunakan perhitungan SPSS 16. Dari penelitian tersebut
terungkap bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
serta tercapainya tujuan pendidikan khususnya Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti, model pembelajaran pengalaman
langsung bisa dijadikan alternatif.
Kata Kunci: Model pembelajaran pengalaman langsung, Hasil belajar,
Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-10-01

How to Cite

Choiriyah, A. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PENGALAMAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 47–82. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/66