IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER JUJUR DI SEKOLAH BUNDA PAUD KERINCI

Authors

  • Fitria Carli Waseza Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yasni Muara Bungo

Abstract

Pendidikan karakter tidak lepas dari nilai-nilai dasar yang dipandang baik. Salah satunya nilai karakter adalah jujur. Kejujuran dalam konteks di sekolah menjadi sangat penting untuk menjadikan karakter peserta didik saat ini sebagai bekal mengarungi kehidupan di masa yang akan datang. Karakter seperti ini dapat dilihat secara langsung dalam kehidupan kelas. Dalam proses pembelajaran, guru harus meintegrasikan nilai-nilai kejujuran kepada peserta didik. Berkaitan dengan implementasi nilai karakter jujur pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Proses implementasi karakter jujur yang disampaikan dan dicontohkan oleh guru sebaiknya dilakukan secara tepat kepada anak dengan cara berupaya menyesuaikan atau mencocokan antara informasi dengan fenomena yang selalu berdasarkan pada kebenaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripif analitis. Jenis penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemaparan yang objektif mengenai analisis implementasi nilai karakter jujur di  sekolah Bunda PAUD. Subjek dalam penelitian ini adalah semua yang berhubungan dengan karakteristik implementasi nilai jujur di sekolah bunda PAUD kerinci dengan meggunakan metode Snowballsampling.

 

Kata Kunci : Implementasi, Karakter Jujur, PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-10-01

How to Cite

Waseza, F. C. (2017). IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER JUJUR DI SEKOLAH BUNDA PAUD KERINCI. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 142–165. Retrieved from https://ejurnal.iaiyasnibungo.ac.id/index.php/nurelislam/article/view/75