Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Project Based Learning pada Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak-Kanak Tunas Inti Dusun Tebo Jaya Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.783Keywords:
Berpikir Kritis, Metode project Based LearningAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberi gambaran bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Tunas inti Tebo Jaya. Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Kemmis and Taggart. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini terdiri dari observasi wawancara dokumentasi dengan beberapa tahapan aku siklus 1 dan siklus 2 dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data capaian peningkatan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 di TK Tunas inti dengan peningkatan pada prasiklus dengan persentase 16,7%, kemudian pada siklus I dengan persentase 33,3%% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan metode project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak.
Downloads
References
Al-Tabany, Ibnu Badar Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik Integratif), Jakarta: Kencana, 2014.
Ani Handayani, Santa Idayana Sinaga, dalam jurnal “Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, dalam jurnal, Vol, V, no. 2.
Anisa, Nur. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fisika” Skripsi, Program Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2022.
Aprilia Nurul Puji Lestari, “Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun” Skripsi, Universitas Lampung Bandar Lampung 2022.
Aqib, Zainal dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya, 2019.
Cece Wijaya, Pendidikan Remidial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Crespo, Eliana. Berfikir Kritis Dalam konteks Pembelajaran, Jakarta: Erzatama Karya Abadi 2019.
Ennis, H. Robert. Berfikir Kritis Dalam konteks Pembelajaran, Jakarta: Erzatama Karya Abadi 2019.
Farhana, Husna dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Harapan Cerdas,2019.
Grecmanova dkk. “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun”, dalam Jurnal, Vol, 9, no. 1.
Hasanah, Habibatul A. “Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Sekolah Dasar (SD) Alam Muara Bungo Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo”, Skripsi, Institut Agama Islam Yasni Bungo, 2022.
Hidayati. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun”, dalam Jurnal, Vol, 9, no. 1.
Husna Farhana, dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Harapan Cerdas,2019.
Jalaludin, Penelitian Tindakan Kelas: Prinsip dan Praktik Instrumen Pengumpulan Data, Surabaya: CV Pustaka Media Guru, 2021.
Juanda, Anda. Peneleitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research, Yogyakarta: Depublish, 2016.
Kementerian Agama RI, Al-Qur’anul Karim Dan Tajwid, Surakarta: Az-Ziyadah, 2014.
Komariyah & Laili,” Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit”, dalam Jurnal, Vol, 3, no. 2.
Masda Septi Wingsi, Yaswinda. “Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak- kanak”. vol. 11, no 6.
Mulyati, Sri Neng. “Analisis Penggunaan Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar” Skripsi, Program Sarjana, Universitas Pasundan Bandung, 2021.
Murniarti, Erni. “Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran,” Universitas Kristen Indonesia, t.t.
Murniarti, Erni. “Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran,” Universitas Kristen Indonesia, t.t.
Pratiwi, Indah Nuning. ”Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 2017, vol 1, no 2.
Pratiwi, Indah Nuning. ”Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 2017, vol 1, no 2.
Purnomo, Halim. Yunahar Ilyas. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek, Yogyakarta: K-Media, 2019.
Purnomo, Halim. Yunahar Ilyas. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek, Yogyakarta: K-Media, 2019.
Raja Khaifzh Budiman, Berfikir Kritis Dalam Hadis,Tanggerang,2023
Ratna. Berfikir Kritis Dalam konteks Pembelajaran, Jakarta: Erzatama Karya Abadi 2019.
Ratna. Berfikir Kritis Dalam konteks Pembelajaran, Jakarta: Erzatama Karya Abadi 2019.
SAI EDU Academy, Indonesian Heritage Project: Sekolah Alam Indonesia Outstanding PjBL, Jakarta: SAI EDU Academy, 2022.
SAI EDU Academy, Indonesian Heritage Project: Sekolah Alam Indonesia Outstanding PjBL, Jakarta: SAI EDU Academy, 2022.
Sugiyono. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta: Bandung, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta: Bandung, 2019.
Sukardjo et al.” Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini: Strategi Komunikasi Guru” dalam Artikel Jurnal, Vol, 13, no. 1.
Sukardjo et al.” Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini: Strategi Komunikasi Guru” dalam Artikel Jurnal, Vol, 13, no. 1.
Sulisworo, Dwi. Konsep Pembelajaran Project Based Learning, Semarang: Sindur Press, t.t.
Suyoto, S. F., Safitri & Nurhidayati. Pengaruh Kemandirian Belajar Peserta Didik dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Di SDIT Al-Madina Purworejo. Jurnal: Paris Langkis, 2021.
Tantan Hadian dkk. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Islam Nusantara Indonesia, vol. 11, no 6.
Tanujaya, Benidiktus dan Jeinne Mumu. Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Media Akademi,2016.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KPS). Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Wulansari.dalam http://eprints.umpo.ac.id/12498/12/BAB%201.pdf. Diakses 13 Maret 2024. Pukul 21.00
Zakiah. “Meningkatkan Hasil Belajar Anak Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Sistem Peredaraan Darah Manusia Pada Kelas VIII Di Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Al-Ishaaqi Kabupaten Bungo” Skripsi, Program Sarjana, Institut Agama Islam Yasni Bungo, 2022.
Zaskia Az-Zahra, Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis Anak Di SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta, Skripsi, Yoyakarta: UNY, 2017.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.