Pengembangan Kompetensi Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan

Authors

  • Anita Jufriani Universitas Islam Negeri Fatmawati sukarno Bengkulu
  • Intan Puspa Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati sukarno Bengkulu
  • Whenci Rahma Nengsih Universitas Islam Negeri Fatmawati sukarno Bengkulu
  • Lestari Lestari Universitas Islam Negeri Fatmawati sukarno Bengkulu
  • Randi Randi Universitas Islam Negeri Fatmawati sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.784

Keywords:

Magang Kependidikan, Kompetensi Mahasiswa, Efektivitas, Pembelajaran

Abstract

Program magang kependidikan merupakan salah satu strategi efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program magang kependidikan dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa UIN FAS Bengkulu di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program magang memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, manajemen kelas, serta keterampilan profesional mahasiswa. Meskipun terdapat tantangan seperti kesulitan dalam mengelola kelas dan keterbatasan metode pengajaran, mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik melalui bimbingan guru pamong. Program magang ini juga meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengajar dan pemahaman terhadap kurikulum. Oleh karena itu, dukungan lebih lanjut dari institusi terkait sangat diperlukan untuk meningkatkan efektivitas program magang di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Bakri. "Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran." Shaut Al Arabiyyah 6, no. 2 (2018): 114-125. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129.

Bowen, S. A. Metode Penelitian. An Integrated Approach to Communication Theory and Research. (Third Edition, 2019) 27–35.

Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, 2018.

Darling-Hammond, Linda & Hyler, Maria E. 2020. “Preparing educators for the time of COVID . . . and beyond”. European Journal of Teacher Education, 43(4): 457–465. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1816961.

Fatmawati, Rahmawati, Aliefman Hakim, and Syarifa Wahidah Al Idrus. "Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)." Chemistry Education Practice 5, no. 1 (2022): 71-77. 10.29303/cep.v5i1.3269.

Handayani, Lucy, and Muhammad Fazli Taib Bin Saearani. "Paradigma dan Tantangan Pendidikan Seni dalam Mengintegrasikan Akhlaq, Teknologi, dan Multikulturalisme." Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya 9, no. 2 (2024): 235-248. https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i2.4165.

Mahayu, Probo, Satrijo Budiwobowo, and Nur Wahyuning Sulistyowati. "Efektivitas Program Magang Kependidikan." In Fipa: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, vol. 7, no. 2. 2020.

Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. Qualitative Data Analysis. (Fourth Edi). Los Angeles: SAGE Publication. Ltd, 2018.

Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2019.

Nanang Mizwar Hasyim, "Peningkatan Kompetensi Mahasiswa: Efektivitas Program Magang Profesi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam." Jurnal Manajemen Dakwah 9, no. 2 (2023): 233-258. https://doi.org/10.14421/jmd.2023.92.03.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2020.

Utomo, Supri Wahyudi, Elva Nuraina, and Parji Parji. "Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Melalui Pendidikan Magang Kewirausahaan." Jurnal Pendidikan 15, no. 2 (2009). https://doi.org/10.25273/.v15i2.91.

Zukna, Irawan, and Komarudin Sassi. "Prospek Sistem Pendidikan Vokasi di Indonesia Abad-21." NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 5, no. 4 (2024): 1578-1588. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3254.

Published

2024-10-21

How to Cite

Jufriani , A., Sari, I. P., Nengsih , W. R., Lestari, L., & Randi, R. (2024). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan . NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(2), 313–337. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.784