Pengembangan Kompetensi Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.784Keywords:
Magang Kependidikan, Kompetensi Mahasiswa, Efektivitas, PembelajaranAbstract
Program magang kependidikan merupakan salah satu strategi efektif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program magang kependidikan dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa UIN FAS Bengkulu di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program magang memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, manajemen kelas, serta keterampilan profesional mahasiswa. Meskipun terdapat tantangan seperti kesulitan dalam mengelola kelas dan keterbatasan metode pengajaran, mahasiswa mampu beradaptasi dengan baik melalui bimbingan guru pamong. Program magang ini juga meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengajar dan pemahaman terhadap kurikulum. Oleh karena itu, dukungan lebih lanjut dari institusi terkait sangat diperlukan untuk meningkatkan efektivitas program magang di masa mendatang.
Downloads
References
Anwar, Bakri. "Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran." Shaut Al Arabiyyah 6, no. 2 (2018): 114-125. https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129.
Bowen, S. A. Metode Penelitian. An Integrated Approach to Communication Theory and Research. (Third Edition, 2019) 27–35.
Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, 2018.
Darling-Hammond, Linda & Hyler, Maria E. 2020. “Preparing educators for the time of COVID . . . and beyond”. European Journal of Teacher Education, 43(4): 457–465. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1816961.
Fatmawati, Rahmawati, Aliefman Hakim, and Syarifa Wahidah Al Idrus. "Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)." Chemistry Education Practice 5, no. 1 (2022): 71-77. 10.29303/cep.v5i1.3269.
Handayani, Lucy, and Muhammad Fazli Taib Bin Saearani. "Paradigma dan Tantangan Pendidikan Seni dalam Mengintegrasikan Akhlaq, Teknologi, dan Multikulturalisme." Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya 9, no. 2 (2024): 235-248. https://doi.org/10.36982/jsdb.v9i2.4165.
Mahayu, Probo, Satrijo Budiwobowo, and Nur Wahyuning Sulistyowati. "Efektivitas Program Magang Kependidikan." In Fipa: Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi, vol. 7, no. 2. 2020.
Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. Qualitative Data Analysis. (Fourth Edi). Los Angeles: SAGE Publication. Ltd, 2018.
Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2019.
Nanang Mizwar Hasyim, "Peningkatan Kompetensi Mahasiswa: Efektivitas Program Magang Profesi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam." Jurnal Manajemen Dakwah 9, no. 2 (2023): 233-258. https://doi.org/10.14421/jmd.2023.92.03.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2020.
Utomo, Supri Wahyudi, Elva Nuraina, and Parji Parji. "Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Melalui Pendidikan Magang Kewirausahaan." Jurnal Pendidikan 15, no. 2 (2009). https://doi.org/10.25273/.v15i2.91.
Zukna, Irawan, and Komarudin Sassi. "Prospek Sistem Pendidikan Vokasi di Indonesia Abad-21." NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan 5, no. 4 (2024): 1578-1588. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3254.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.