Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Jamaah Masjid Islamic Center Baitussalam Slawi
DOI:
https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.788Keywords:
Teknologi Informasi, Literasi Digital, Jamaah Masjid, Islamic Center BaitussalamAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa perubahan besar dalam praktik keagamaan. Masjid, selain sebagai tempat ibadah, juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan keterlibatan masyarakat. Seiring dengan kemajuan teknologi, masjid menghadapi tantangan baru dalam mengelola arus informasi digital yang cepat dan luas. Penelitian ini mengkaji dampak TIK terhadap jamaah Masjid Islamic Center Baitussalam Slawi melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TIK memudahkan akses informasi keagamaan, meningkatkan komunikasi antarjamaah, serta memperkuat dakwah digital. Platform seperti YouTube, WhatsApp, dan media sosial memungkinkan pembelajaran agama yang lebih luas dan jangkauan dakwah yang lebih efektif. Namun, TIK juga membawa tantangan. Penyebaran informasi hoaks dapat menyesatkan pemahaman agama, sementara ketergantungan digital berlebihan mengurangi interaksi sosial langsung antarjamaah. Selain itu, kecanduan perangkat digital dapat menurunkan fokus dan kualitas ibadah. Untuk mengatasi tantangan ini, literasi digital sangat penting. Masjid memiliki peran strategis dalam membimbing jamaah untuk memanfaatkan TIK secara bertanggung jawab dan produktif. Dengan edukasi yang tepat, TIK dapat memperkuat pemahaman agama, meningkatkan ukhuwah Islamiyah, dan mendukung kehidupan keagamaan, tanpa mengorbankan nilai-nilai sosial dan spiritual yang telah lama dijaga.
Downloads
References
Boyd, Dana. It’s complicated : the Social Lives of Networked Teens. United Kingdom: Yale University Press, 2014. https://doi.org/10.1039/b916505n.
Buckingham, David. “Digital Media Literacies: Rethinking Media Education in the Age of the Internet.” Research in Comparative and International Education 2, no. 1 (2007): 43–55. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.2304/rcie.2007.2.1.43.
Castells, Manuel. The Rise of the Network Society. United Kingdom: Wiley-Blackwell, 2009. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/book/10.1002/9781444319514.
Livingstone, Sonia. “Media Literacy and the Challenge of New Information and Communication Technologies.” Communication Review 1, no. 7 (2004): 3–14. http://eprints.lse.ac.uk/1017.
Prensky, Marc. “Digital Natives, Digital Immigrants.” Digital Natives Digital Immigrants 9, no. 5 (2001): 1–6. https://doi.org/10.15187/adr.2020.02.33.1.17.
Rheingold, Howard. The Virtual Community: Homesteading on the Electronic Frontier. United Kingdom: MIT Press, 2000. https://doi.org/https://doi.org/10.7551/mitpress/7105.001.0001.
Warschauer, Mark. Technology and Social InclusionRethinking the Digital Divide. London, England: The MIT Press, 2004. https://direct.mit.edu/books/oa-monograph/1817/Technology-and-Social-InclusionRethinking-the.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.





