Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Tiktokshop pada Generasi Z di Kabupaten Tebo

Authors

  • Lisa Ayu Saputri Universitas Muara Bungo
  • Delila Fitri Harahab Universitas Muara Bungo
  • Misra Yeni Universitas Muara Bungo
  • Muhammad Asman Universitas Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.789

Keywords:

Social Media Marketing, Brand Image, Loyalitas Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen TikTokShop Pada Generasi Z Di Kabupaten Tebo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan sampel 96 responden. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara uji parsial (uji t) didapatkan nilai thitung (3.837) > ttabel (1,98580) dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 Maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Social Media Marketing berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen TikTokShop Pada Generasi Z di Kabupaten Tebo. Kemudian secara uji parsial (uji t) didapatkan nilai thitung (6,948) > ttabel (198580) dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 Maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Brand Image berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen TikTokShop Pada Generasi Z di Kabupaten Tebo. Berdasarkan output Anova diketahui Fhitung > Ftabel (55,190 > 3,09) dengan nilai signifikan (0,001<0,5), dapat disimpulkan bahwa variabel Social Media Marketing(X1) dan Brand Image(X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen (Y) TikTokShop Pada Generasi Z di Kabupaten Tebo. Berdasarkan output Model Summary didapat nilai Adjusted R Square sebesar 0,534 Atau 53,4% besarnya nilai tersebut menunjukan bukti pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen, sedangkan sisanya sebesar 45,7%Dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirassaty, A., & Keiko Hubbansyah, A. (2024). Volume 2 ; Nomor 7. 138–142. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i7.572

Damayanti, S., Chan, A., & Safa’atul Barkah, C. (2021). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9).

Gina Octaviana. (2024). Data Pengguna TikTok 2024. Rri.Co.Id. https://www.rri.co.id/iptek/1071480/jumlah-pengguna-tiktok-indonesia-semakin-melejit

Irawan, P. R., Abdillah, A., & Taryanto, T. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Home Industry Sandal Kulit Kandangwesi Collection Garut. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 61. https://doi.org/10.24853/jmmb.3.2.61-68

Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. (2024). PERDAGANGAN DIGITAL (E-COMMERCE) INDONESIA PERIODE 2023.

Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1089

Pradana, W., & Aditya, D. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan E-Lifestyle Terhadap Loyalitas Pelanggan Aplikasi Layanan Streaming Video on Demand Berbayar dengan Perceived Behavioral Control Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Aplikasi Layanan Video Berbayar di Surabaya. 1–14.

Sarmin, S., & Choir, M. A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Konsumen Produk Sari Roti Di Cikarang). Journal Of Communication Education, 17(2). https://doi.org/10.58217/joce-ip.v17i2.335

Sholawati, R. L., & Tiarawati, M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli Produk Di Restoran Fast Food. Jurnal Ilmu Manajemen, 10, 1098.

Veronika, V., & Nainggolan, N. P. (2022). Pengaruh Promosi, Atribut Produk, Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(04). https://doi.org/10.34308/eqien.v11i04.1272

Downloads

Published

2024-10-21

How to Cite

Saputri, L. A., Harahab, D. F., Yeni, M., & Asman, M. (2024). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Tiktokshop pada Generasi Z di Kabupaten Tebo. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 11(2), 278–288. https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.789