MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADITUL ILMI ISLAMIYAH NAGARI SUNGAI SARIAK KECAMATAN VII KOTO KABUPATEN PADANG PARIAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi belajar santri di pondok pesantren nagari sungai sariak kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dikategorikan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian, misalnya prilaku, persepsi, motivasi, tindakan dll, secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Informan pada penelitian ini adalah, semua santri pesantren di Madinatil Ilmi Islamiah Sungai Sariak Kota Padang Pariaman. Berdasarkan wawancara dengan beberapa siswa pesantren bahwa motivasi belajar santri pesantren hampir 80% motivasi belajarnya bagus. Bagusnya motivasi belajar santri di sana bisa kita lihat dari cara dan kemampuan santri tersebut dari menangkap pelajaran. Santri pesantren tersebut sangat aktif sekali mencari informasi-informasi mengenai materi pelajarannya, ketika ustazdnya menjelaskan materi santri tersebut begitu antusias mendengarkan dan memperhatikan penjelasan, hasil dari penjelasan ustazd yang sulit, santri tersebut berusaha pula menemukan cara untuk menyelesaikannya. Setiap tugas yang di berikan ustad di kerjakan secara berkelompok untuk menyelesaikannya. Pesantren ini tidak memiliki ruang belajar atau pun kelas untuk proses belajar mengajar, apabila santri ini ingin belajar maka santri ini pergi menemui ustazd dan belajarnya ditempat tinggal mereka sendiri, proses belajar nya yang disebut belajar duduk. Walaupun santri pesantren tersebut tidak memiliki kelas atau ruang belajar, mereka tetap mempunyai motivasi yang sangat kuat dalam belajar.   Â
Â
Kata Kunci : Motivasi, Belajar, Pondok Pesantren       Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
NUR EL ISLAM Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
(1) The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0), which means that Nur El Islam reserves the right to save, transmit media or format, Database), maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it keeps the Author's name as the owner of Copyright.
(2) The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Nur El Islam.